//

Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Banda Aceh

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazlina - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
PUZZLE MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Penggunaan, Media, puzzle, Geografi Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu guru untuk menyampaikan tujuan pembelajaran geografi sehingga dapat memudahkan para peserta didik dalam berimajinasi, memahami, serta menguasai konsep materi yang disampaikan dan dapat memotivasi siswa dalam kegiatan belajar. Media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran geografi sangat diperlukan. Salah satunya dengan bentuk permainan. Permainan yang ada beragam bentuknya, salah satunya permainan tebak-tebakan, merangkai susunan. Permainan inilah yang disebut dengan istilah puzzle. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS geografi siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII terhadap pelajaran IPS Geografi melalui penggunaan media Puzzle, aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan media Puzzle, kemampuan guru dalam mengelola kelas pada saat pembelajaran berlangsung, respon siswa dalam pemanfataan media Puzzle guna meningkatkan hasil belajar IPS Geografi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII-1 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan tes, angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan statistic deskrptif persentase. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-1 SMP Negeri 3 Banda Aceh, Aktivitas guru dan siswa dari siklus I dan II mengalami peningkatan, Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, Penggunaan media puzzle selama proses pembelajaran mendapat respon positif dari siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 2 KELAS III SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Nia Sabrina, 2019)

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X-IS DI SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH (Amelia Farahzilka, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-IPS MAN KUTA BARO ACEH BESAR (ROSA AMELIA, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA SPELLING PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Raudhatul Jannah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy