//

PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) PADA MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK AZASI MANUSIA (HAM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Salmah - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada Materi Perlindungan dan Penegakan Hak Azasi Manusia (HAM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 1 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan” berlatar belakang pada kenyataan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Tapaktuan masih rendah. Masalah yang dikaji adalah apakah ada peningkatan prestasi belajar pada siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan metode Sosiodrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Penerapan metode pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi perlindungan dan penegakan hak azasi manusia (HAM); (2). Prestasi siswa dalam belajar dengan menggunakan metode pembelajaran sosiodrama; (3). Respon siswa terhadap metode pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi perlindungan dan penegakan hak azasi manusia (HAM). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Tapaktuan yang berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik catatan lapangan, lembar kerja siswa, tes tertulis, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Proses penelitian ini mencakup dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran sosiodrama Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi perlindungan dan penegakan hak azasi manusia (HAM) produksi di kelas VII SMP Negeri 1 Tapaktuan terlaksana dengan baik dan efisien. Pada siklus 1 sebanyak 64% siswa telah mencapai nilai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 88 dan pada siklus 2 sebanyak 100% siswa telah mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus ini adalah 96. Penerapan metode pembelajaran sosiodrama meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus 1 aktivitas guru dengan kategori “Hampir Baik” dan aktivitas siswa berkategori “Hampir Cukup Baik”. Aktivitas guru pada siklus 2 menunjukkan peningkatan dari siklus sebelumnya dengan kategori “Baik”, sedangkan aktivitas siswa berada pada kategori “Hampir Baik” Kata Kunci: Metode Pembelajaran Sosiodrama, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014)

PELAKSANAAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAM DI SMP NEGERI 1 PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN (Rohani, 2014)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (ALZIKRI RAHMATILLAH, 2013)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TABEL PERKALIAN PINTAR (TAKALINTAR) TERHADAP HASIL BELJARA SISWA PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN DI KELAS IV SDN 4 TAPAKTUAN ACEH SELATAN (DELTIYA HARINA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy