//

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Drs. Abubakar - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas prog. studi magister pendidikan matematika
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika sangat penting seperti yang dituangkan dalam kurikulum KTSP (2006) dan dipertegas dalam kurikulum Implementasi 2013. Penggunaan model pembelajaran tipe Numbered Head Together diharapkan dapat mencapai tujuan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, mengetahui ada tidaknya korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu, populasi siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Sakti, Kabupaten Pidie, sampel dipilih ecara acak sebanyak dua kelas yaitu: kelas X MIA1 sebagai kelas ekspetimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman dan angket diposisi matematis. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji anava satu arah. Setelah data diolah dan dianalisis diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik dari yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2) peningkatan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajan konvensional, (3) Terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan peningkatan disposisi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan pemahaman matematis, disposisi matematis model kooperatif, tipe Numbered Head Together.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH ALIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Rahmat, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (RINA PURNAMA SARI, 2014)

PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND (ZURAIDA IM, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy