//

DAYA HAMBAT EKSTRAK BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mairisa Sulfani - Personal Name
SubjectPERIODONTITIS - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Mairisa Sulfani Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Daya Hambat Ekstrak Bawang Putih (Allium sativum) Terhadap Porphyromonas gingivalis Secara In Vitro Porphyromonas gingivalis (Pg) merupakan salah satu bakteri komensal rongga mulut yang memiliki habitat pada plak subgingiva dan merupakan bakteri paling dominan pada periodontitis kronis. Bawang putih (Allium sativum) merupakan obat tradisional yang telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penelitian dengan desain eksperimental laboratoris ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya hambat ekstrak bawang putih (Allium sativum) terhadap pertumbuhan Pg. Porphyromonas gingivalis yang telah dikultur pada media P.Ging dan Nutrient Agar diinkubasi selama 24 jam pada suhu 37oC dalam suasana anaerob dilakukan uji konfirmasi dengan pewarnaan Gram dan dilakukan penentuan kekeruhan bakteri dengan menggunakan spektrofotometer. Uji Pengaruh ekstrak bawang putih (Allium sativum) dengan konsentrasi 25%, 50%, 75%, 100% terhadap Porphyromonas gingivalis dilakukan dengan metode difusi cakram pada media Mueller Hinton Agar (MHA). Data hasil pengukuran di analisis dengan Anova dengan p = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak bawang putih (Allium sativum) memiliki daya hambat terhadap Porphyromonas gingivalis pada konsentrasi 100% dengan diameter zona rata-rata 11,75 mm dan tergolong lemah. Kata Kunci: periodontitis kronis, Porphyromonas gingivalis, bawang putih (Allium sativum).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM (KHM) DAN KONSENTRASI BUNUH MINIMUM (KBM) EKSTRAK BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO. (Cut Putri Zakirah, 2015)

DAYA HAMBAT EKSTRAK BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM L) TERHADAP PERTUMBUHAN ASPERGILLUS SP. SECARA IN VITRO (FITRIA LASISKA, 2014)

DAYA HAMBAT EKSTRAK BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM L.) TERHADAP PERTUMBUHAN ASPERGILLUS SP. SECARA IN VITRO (Fitria Lasiska, 2016)

DAYA HAMBAT MINUMAN PROBIOTIK YOGHURT SUSU SAPI TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO (Siti Fadhilla Ananda, 2016)

PENGARUH DAYA HAMBAT KONSENTRASI MINUMAN PROBIOTIK YOGHURT SUSU KAMBING TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS (PENELITIANIN VITRO) (VIVIN ALYAUMA H289, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy