//

PENGARUH EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khaula Dhanisya - Personal Name
SubjectBACTERIA
ENDODONTICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Khaula Dhanisya Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Ekstrak Daun Kari (Murraya koenigii) dalam Menghambat Pertumbuhan Enterococcus faecalis Enterococcus faecalis (E. faecalis) merupakan bakteri Gram-positif anaerob fakultatif yang menjadi bakteri utama penyebab kegagalan terapi endodontik. Daun kari (Murraya koenigii) adalah salah satu tanaman herbal yang mengandung senyawa antibakteri seperti flavonoid, tanin, saponin, polifenol, kuinon, steroid, dan carbazol alkaloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun kari (Murraya koenigii) dalam menghambat pertumbuhan E. faecalis. Ekstrak daun kari dibuat dengan metode maserasi dalam pelarut etanol 96% dan diuji fitokimia. Uji pengaruh ekstrak daun kari (Murraya koenigii) dalam menghambat pertumbuhan E. faecalis dilakukan dengan metode difusi cakram pada media MHA. Konsentrasi ekstrak daun kari yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6,25%, 12,5%, 25%, 50% dan 100%. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis dengan α=0,05 dan dilanjutkan dengan uji lanjut Mann-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun kari memiliki pengaruh lemah dalam menghambat pertumbuhan E. faecalis pada konsentrasi 25% dengan zona hambat sebesar 12 mm. Kata kunci : Enterococcus faecalis, daun kari (Murraya koenigii), metode difusi cakram.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK TEMULAWAK (CURCUMA XANTHORRHIZA ROXB) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS SECARA IN- VITRO (mahdalena, 2014)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK PADA MUKOSA ORAL(PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Dini Alsandy, 2014)

PENGARUH EKSTRAK BIJI JINTAN HITAM (NIGELLA SATIVA) SEBAGAI ANTI BAKTERI ALAMI DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Rahmad Hidayat, 2015)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) DALAM MEMPERPANJANG MASA SIMPAN FILLET IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS SP.) (Sahrita Yuliana, 2019)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII L.) TERHADAP WAKTU PERDARAHAN TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) (MEUTIA FADHILA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy