//

PENGARUH PAPARAN LARUTAN TEH HIJAU DAN TEH HITAM TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANOPARTIKEL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kartini - Personal Name
SubjectDENTAL RESTORATION
DENTIN - DENTISTRY
TEA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Kartini Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Paparan Larutan Teh Hijau dan Teh Hitam Terhadap Perubahan Warna Resin Komposit Nanopartikel. Latar belakang : Teh hijau dan teh hitam merupakan dua teh yang berbeda berdasarkan pengolahannya. Keduanya memiliki kadar tanin yang berbeda, tanin dalam teh hijau lebih tinggi daripada teh hitam. Tanin ini diduga dapat merubah warna dari restorasi gigi seperti resin komposit. Resin komposit terbaru adalah resin komposit yang memiliki ukuran partikel nano. Resin komposit nanopartikel memiliki beberapa kelebihan, tetapi resin komposit ini juga memiliki kelemahan yaitu matriknya dapat menyerap air yang mengakibatkan perubahan warna. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh paparan larutan teh hijau dan teh hitam terhadap perubahan warna pada resin komposit nanopartikel dan untuk mengetahui perbedaan paparan larutan teh hijau dengan teh hitam terhadap tingkat perubahan warna resin komposit nanopartikel. Metode : penelitian ini merupakan penelitian laboratorium dengan jumlah spesimen (n=32) dibagi menjadi 2 kelompok. Untuk masing-masing paparan dalam larutan teh hijau dan teh hitam (n=16). Setiap spesimen direndam dalam 5 ml larutan teh hijau dan teh hitam selama 7 hari dan setiap hari larutannya diganti. Pengukuran perubahan warna sebelum dan sesudah perendaman dilakukan dengan diletakkan di bawah Stereo Mikroskop, difoto dengan kamera digital, kemudian hasil gambar dimasukkan ke komputer untuk diukur nilai L*a*b* dengan menggunakan Adobe Photoshop lalu dianalisis menggunakan uji T tidak berpasangan. Hasil : berdasarkan nilai ∆E yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya pengaruh larutan teh hijau dan teh hitam terhadap perubahan warna resin komposit nanopartikel yang terlihat jelas. Hasil analisis statistik uji T tidak berpasangan menunjukkan bahwa adanya perbedaan perubahan warna yang bermakna antara pemaparan larutan teh hijau dan teh hitam dengan p=0.027(p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL SETELAH DIRENDAM DALAM TEH ROSELA DAN TEH HITAM (ELIZA, 2016)

PENGARUH MINUMAN BERKARBONASI TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANOPARTIKEL (PUTRI RAMDHANI, 2015)

PENGARUH JENIS LARUTAN OBAT KUMUR TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL (MUNIR, 2016)

PENGARUH MINUMAN KOPI ULEE KARENG TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANOPARTIKEL DENGAN PEMOLESAN SEGERA DAN DITUNDA (RIA YULIANI, 2015)

PENGARUH KONSUMSI MINUMAN KOPI ROBUSTA DAN ROKOK TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT MIKROHIBRID (Reza Saputra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy