//

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DARI EKSTRAK METANOL DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM WIGHT.)PERTUMBUHAN KLEBSIELLA PNEUMONIA ISOLAT KLINIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aryana Debbie Three Shinta - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Klebsiella pneumonia merupakan bakteri patogen yang termasuk sebagai salah satu penyebab infeksi nosokomial di lingkungan rumah sakit. Daun salam (Syzygium polyanthum Wight.) mengandung beberapa senyawa yang memiliki aktivitas antibakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh konsentrasi optimum dari ekstrak metanol daun salam (S. polyanthum Wight.) yang memiliki senyawa antibakteri yang dibuktikan dengan adanya zona bening untuk menghambat pertumbuhan bakteri K. pneumonia isolat klinis. Jenis penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Rancangan penelitian ini terdiri dari 6 perlakuan dan 4 pengulangan, yaitu 4 variasi konsentrasi ekstrak daun salam 35%, 50%, 65%, dan 80% dan 2 kontrol (kontrol positif menggunakan antibiotik ciprofloxacin dan kontrol negatif menggunakan pelarut metanol). Hasil uji menunjukkan bahwa ekstrak metanol daun salam memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan K. pneumonia yang ditandai dengan terbentuknya zona hambat yang diameter rata-rata 11,5 mm pada konsentrasi 35%, 12,5 mm pada konsentrasi 50%, 8 mm pada konsentrasi 65%, dan 10,7 mm pada konsentrasi 80%. Kontrol positif ciprofloxacin memiliki diameter yang lebih besar 25 mm. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Normalitas, dilanjutkan dengan ANAVA (Analisis Varian) dan Uji Jarak Ganda Duncan (UJGD). Berdasarkan analisis data secara statistik yang dilakukan, pengaruh konsentrasi ekstrak metanol daun salam terhadap pertumbuhan K. pneumonia tidak berbeda nyata. Kata kunci: Syzygium polyanthum Wight., antibakteri, Klebsiella pneumonia, isolat klinis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM SEGAR (SYZYGIUM POLYANTHUM [WIGHT] WALP) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (dila rahayu, 2015)

PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Fahrizal , 2016)

PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Musaddaq, 2015)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM [WIGHT] WALP.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ESCHERICHIA COLI (Nururrahmah, 2013)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK METANOL DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI (L.) SKEELS) TERHADAP BAKTERI SALMONELLA TYPHI (Nurhartini, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy