//

PARTISIPASI POLITIK MANTAN DIASPORA GAM PASKA MOU HELSINKI DI ACEH(STUDI TENTANG PROSES PEMENANGAN PARTAI ACEH PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2009)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Athaillah - Personal Name
SubjectPOLITICAL PARTIES - SOCIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Partisipasi Politik Mantan Diaspora GAM Paska MoU Helsinki di Aceh”. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah pengaruh mantan diaspora GAM dalam partisipasi politik dan hambatannya dalam melaksanakan hak sebagai seorang warga negara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana penulis menjawab masalah yang diteliti dengan menggambarkan, menuliskan, dan memaparkan hasil penelitian dalam bentuk laporan yang ditulis secara naratif. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu bentuk Partisipasi Politik Mantan Diaspora GAM dalam proses pemenangan Partai Aceh pada Pemilu Legislatif Tahun 2009. Adapun informan dalam penelitian ini adalah aktivis-aktivis GAM dan aktivis mahasiswa yang kemudian menjadi representasi GAM, yang sudah peneliti tentukan berdasarkan kriteria tertentu, dan objek tersebut berkaitan langsung dengan partisipasi politiknya di Aceh, yang menjadi pengaruh dari kegiatan politiknya di Aceh paska damai Helsinki. Mereka adalah representasi dari diaspora GAM yang pernah keluar negeri ketika konflik dan yang pulang dan ingin menetap atau tidak setelah penandatanganan perjanjian damai antara GAM-RI di Helsinki, Finlandia. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh dari partisipasi politik mantan diaspora GAM dalam proses pemenangan Partai Aceh pada Pemilu Legislatif Tahun 2009 lalu cukup signifikan (berarti), menjelaskan dinamika politik di Aceh sesuai dengan misi perdamaian, melanjutkan perjuangan politik kepada masyarakat sebagai transformasi politik, berupaya, serta tujuan damai yang telah dicapai antara GAM dan RI mampu mewujudkan keadilan, serta damai Aceh terus membunga, baik di bidang politik, ekonomi, sosial, hukum, serta kenyamanan beribadah dan tatanan ideal bagi bangsa Aceh tercapai. Partisipasi politik dan hambatan dalam mewujudkan Aceh memberikan gambaran serta tolak ukur dari mantan diaspora GAM dalam peran dan pengaruhnya perlu dicermati, serta dalam beberapa agenda politik besar mereka terlibat. Harus diakui dalam hal soliditas terhadap sesama anak bangsa mereka masih konsisten dalam ber ide. Kata kunci: Partisipasi Politik, Mantan Diaspora GAM, Pemilu Legislatif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PARTISIPASI MAHASISWA DALAM PEMENANGAN PARTAI NASDEM KOTA BANDA ACEH PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATF 2014 (ZIKKIR RACHMAN, 2016)

STRATEGI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM PEMENANGAN KURSI LEGISLATIF DPRA PADA PEMILU TAHUN 2014 (SUATU KAJIAN: DI KABUPATEN ACEH BESAR) (Muhajir, 2014)

PERAN PARTAI GOLONGAN KARYA DALAM MENYUKS ESKAN PEMILU LEGISLATIF 2009 DI KABUPATEN SIMEULUE (Ardin Aktalonanda, 2020)

KEMENANGAN PARTAI ACEH PADA PEMILU LEGISLATIF 2009 (SUATU PENELITIAN DI KABUPATEN ACEH SELATAN) (Mukhrijal, 2020)

STRATEGI PEMENANGAN KURSI DPRK PARTAI GOLKAR PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN BIREUEN (SYAHRIZAL, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy