DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA DAGING AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA DAGING AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Rizki Wulandari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0907101050058

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Formalin adalah nama komersial dari larutan formaldehida dengan kadar 37–40%. Formalin termasuk kelompok senyawa disinfektan kuat yang sering dipakai sebagai pengawet, akan tetapi zat formalin tidak diizinkan untuk mengawetkan bahan makanan. Pengawetan daging ayam menggunakan zat formalin dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui kandungan formalin pada daging ayam broiler (Gallus domesticus) yang dijual di pasar Kota Banda Aceh. Sampel yang diambil adalah daging ayam broiler dari lima pasar yaitu, Pasar Peunayong, Pasar Lamnyong, Pasar Seutui, Pasar Ulee Kareng, Pasar Kampung Baru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan observasi laboratorium terhadap daging ayam broiler di pasar kota Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan jumlah 51 sampel. Berdasarkan hasil dari 51 sampel daging ayam broiler diperoleh 1 sampel (1,97%) dari pasar Peunayong yang menunjukkan hasil positif kandungan formalin. Kesimpulan bahwa daging ayam broiler yang dijual di pasar kota Banda Aceh sebagian besar tidak mengandung formalin dan masih aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Kata Kunci: Formalin, Pasar ayam, Daging ayam broiler

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK