//

KAJIAN HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI TIGA JENIS IKAN YANG TERTANGKAP DI SUNGAI SINGKIL, KECAMATAN SINGKIL, ACEH SINGKIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang VERA SRIMULYATI - Personal Name
SubjectFISH
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kelautan dan perikanan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian tentang hubungan panjang berat dan faktor kondisi tiga jenis ikan yang ditemukan di Sungai Singkil, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil pada bulan Juni–Juli 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pertumbuhan dan faktor kondisi ikan nilem (Osteochilus hasselti), belanak (Mugil cephalus) dan seriding (Ambassis koopsii). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Jumlah ikan yang tertangkap pada saat penelitian adalah ikan nilem (Osteochilus hasselti) sebanyak 45 ekor, ikan belanak (Mugil cephalus) 30 ekor dan ikan seriding (Ambassis koopsii) sebanyak 32 ekor. Panjang total (TL) ikan nilem (Osteochilus hasselti) berkisar antara 10,9-20,6 cm, ikan belanak (Mugil cephalus) berkisar antara 12,7-25,2 cm dan ikan seriding (Ambassis koopsii) berkisar antara 7,4-19,9 cm. Berat (W) ikan nilem (Osteochilus hasselti) berkisar antara 43,8-175,2 g, ikan belanak (Mugil cephalus)20,9-162,1 g dan ikan seriding (Ambassis koopsii) berkisar antara 2,3- 77,26 g. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan nilem (Osteochilus hasselti),belanak (Mugil cephalus) dan seriding (Ambassis koopsii) memiliki pola pertumbuhan yang sama yaitu Allometrik negative dengan nilai b masing-masing di bawah dari 3.Nilai b yang didapatkan adalah untukikan nilem (Osteochilus hasselti)1,617, ikan belanak (Mugil cephalus) 2,905 dan ikan seriding (Ambassis koopsii)2,668.Nilai faktor kondisi berat relatif yang didapatkan lebih tinggi dari 100.Kondisi Sungai Singkil mengindikasikan secara relatif dalam keadaan baik dan mendukung untuk pertumbuhan ikan. Kata kunci : Allometrik, berat relatif ikan, hubungan panjang berat, faktor kondisi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LEBAR KARAPAS DAN BERAT KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) SERTA FAKTOR KONDISI DI PERAIRAN ACEH SINGKIL (Kasril, 2017)

ANALISIS KUALITAS PERAIRAN BERDASARKAN PARAMETER LOGAM CU DAN CD PADA SEDIMEN DI SUNGAI SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (Saidin Isnaini Anak Ampun, 2018)

KAJIAN HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DAN IKAN BELANAK (MUGIL CEPHALUS) YANG TERTANGKAP DI SUNGAI MATANG GURU, KECAMATAN MADAT, KABUPATEN ACEH TIMUR (Zainal Muttaqin, 2016)

KEBIASAAN MAKAN IKAN BAUNG (HEMIBAGRUS NEMURUS) DI SUNGAI LABUHAN KERA DAN SUNGAI HANDEL KECAMATAN GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL (Sugianto, 2017)

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PENANGKAPAN IKAN DENGAN JARING INSANG (GILL NET) DI KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (Yuli Yarni, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy