//

UKURAN LENGKUNG GIGI MAHASISWA SUKU ACEH PADA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eddy Fakhriansyah - Personal Name
SubjectDENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Eddy Fakriansyah Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Ukuran Lengkung Gigi Mahasiswa Suku Aceh pada Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran rerata lengkung gigi dalam arah transversal dan sagital, melihat perbedaan ukuran lengkung gigi antar kelompok daerah pada suku Aceh, untuk melihat perbedaan ukuran lengkung gigi antara lelaki dan perempuan, dan untuk melihat variasi bentuk lengkung gigi pada mahasiswa suku Aceh di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Sampel adalah 56 mahasiswa suku Aceh (27 lelaki, 29 perempuan atau 13 orang berasal dari Aceh Besar, 17 Aceh Utara-Timur, 11 Aceh Barat-Selatan dan 15 Aceh Pidie) yang berumur 18 sampai 25 tahun dengan oklusi normal, tidak mempunyai karies, tidak memakai protesa, gigi permanen lengkap dan belum dirawat ortodonti. Dental cast digunakan untuk mengukur ukuran lengkung gigi yang meliputi inter-kaninus, inter-molar pertama, inter-molar kedua, kedalaman kaninus, kedalaman molar pertama dan kedalaman molar kedua rahang atas dan rahang bawah. Perbedaan lengkung gigi lelaki dan perempuan di analisis dengan uji t serta uji ANOVA untuk melihat perbedaan ukuran lengkung gigi berdasarkan kelompok daerah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan ukuran lengkung gigi lelaki dan perempuan. Tidak terdapat perbandingan yang signifikan ukuran lengkung gigi jika dikelompokkan berdasarkan kelompok daerah tetapi setiap kelompok mempunyai bentuk lengkung gigi yang berbeda. Kata kunci: Lengkung Gigi, Suku Aceh, Jenis Kelamin

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA PERBANDINGAN LEBAR DAN PANJANG LENGKUNG BASAL GIGI DENGAN LEBAR MESIODISTAL GIGI MENURUT METODE HOWES PADA SUKU ACEH DEUTRO-MELAYU (Nurul Sari, 2015)

GAMBARAN AKTIVITAS PARAFUNGSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Rizki Handayani, 2015)

BENTUK LENGKUNG GIGI SUKU ACEH DEUTRO-MELAYU DI SMU KRUENG BARONA JAYA (Mubaraq Juli Saputra, 2015)

DAMPAK KARIES GIGI PADA KUALITAS HIDUP MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sattaria Ladiba, 2015)

GAMBARAN SIDIK BIBIR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG SUKUGAYO, ACEH, DAN MELAYU MENURUT KLASIFIKASI SUZUKI DAN TSUCHIHASHI (RAIHAN SAFFITRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy