//

ANALISI EKSTERNALITAS PERTAMBANGAN EMAS DI DESA SIMPANG TIGA KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROZA ELISA - Personal Name
SubjectGOLD-MINING
ENVIRONMENTAL MONITORING-POLLUTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisi Eksternalitas Pertambangan Emas Di Desa Simpang Tiga Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan Nama : Roza Elisa NIM : 1001101020031 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Dr. Aliasuddin S.E, M.Si Konsesntrasi : Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar dari masyarakat untuk memperoleh lingkungan yang bersih dan sehat. Penelitian ini dilakukan di Desa Simpang Tiga Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan, karena terdapat potensi emas yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun dalam prosesnya kegiatan ini mencemari lingkungan terutama sungai yang ada. Sampel penelitian yang digunakan adalah masyarakat Desa Simpang Tiga yang bekerja sebagai penambang emas dengan jumlah sampel 107 orang. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan langsung pada objek penelitian. Model analisis yang digunakan adalah model regresi linear berganda (Multiple Regression). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dari lima variabel bebas terdapat tiga variabel yang mempengaruhi Willingness To Pay masyarakat, yaitu variabel pendapatan, usia yang berpengaruh secara positif terhadap Willingness To Pay sedangkan variabel jumlah tanggungan berpengaruh secara negatif terhadap Willingness To Pay masyarakat. Sementara itu, variabel pendidikan dan pengetahuan dampak merkuri tidak mempengaruhi Willingness To Pay masyarakat. Dari hasil estimasi disarankan kebijakan yang harus dilakukan yaitu pemerintah setempat perlu melakukan pembinaan, sosialisasi dan pengawasan terhadap penambang emas. Hal ini dilakukan agar penambang emas menyadari bahwa bahaya limbah yang dihasilkan sangatlah berpengaruh bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat setempat. Pemerintah juga harus melakukan tindakan tegas kepada para penambang emas yang terbukti mencemari lingkungan. Penelitian tentang kesejahteraan penambang perlu dilakukan agar dapat menggambarkan peran tambang dan sekaligus mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Kata Kunci : Willingness To Pay, Tambang emas, Pencemaran lingkungan sungai masyarakat. Multiple regression.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISI EKSTERNALITAS PERTAMBANGAN EMAS DI DESA SIMPANG TIGA KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (ROZA ELISA, 2015)

PERKEMBANGAN KECAMATAN KLUET TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN PASCA PEMEKARAN TAHUN 2003-2012 (ASMA AINI, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PERTAMBANGAN EMAS DI DESA ALUE BARO KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (Rahmatin Syandra U, 2017)

PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN BIAYA LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2018) (Ayu Wandira, 2020)

DAMPAK PERTAMBANGAN EMAS TRADISIONAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI GAMPONG MERSAK KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (EDI FARLAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy