UJI AKTIVITAS EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN) STEENIS) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

UJI AKTIVITAS EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN) STEENIS) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)


Pengarang

Fanny Eprilia Tika - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1107101010044

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Daun binahong dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan adalah hiperlipidemia. Telah diketahui bahwa daun binahong (Anredera cordifolia (Ten) Steenis) mengandung steroid, terpenoid, saponin dan flavanoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek ekstrak etanol 70% daun binahong dalam menurunkan kadar kolesterol total dan mengetahui aktivitas daun binahong dalam menurunkan kadar kolesterol total darah pada tikus putih. Penelitian ini dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif J1, kelompok positif J2 (kontrol pembanding) diberikan simvastatin, kelompok J3 dosis rendah (5 mg/kgBB), kelompok J4 dosis sedang (9 mg/kgBB) dan kelompok J5 dosis tinggi (12 mg/kgBB) ekstrak daun binahong. Pengukuran pretest kadar kolesterol total darah dilakukan pada hari ke 8 dan postest pada hari ke 15. Pada dosis 12 mg/kgBB terjadi penurunan kadar kolesterol total secara signifikan. Uji statistik ANOVA dan BNT menunjukkan kelompok kontrol pembanding dengan ekstrak uji dosis tinggi tidak terdapat perbedaan yang bermakna ( P > 0,05) dengan kelompok normal.

Kata kunci : Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten) Steenis), penurunan kolesterol total, simvastatin, jus hati ayam.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK