//

PENGARUH VARIASI JENIS KEMASAN PLASTIK DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAIPUN PUTRA - Personal Name
SubjectMUSHROOMS
PLASTICZERS (PLASTICS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

SAIPUN PUTRA. 0905106010019 Pengaruh Variasi Jenis Kemasan Plastik Dan Suhu Penyimpanan Terhadap Kualitas Jamur Merang (Volvariella Volvacea). Di bawah Bimbingan Bambang Sukarno Putra S.TP, M.Si. Sebagai Pembimbing Utama dan Raida Agustina S.TP, M.Sc. Sebagai Pembimbing Anggota. RINGKASAN Jamur merang memiliki sifat highly perishable (sangat mudah rusak) yang tinggi dibanding tanaman hortikultural yang lain. Dalam bentuk segar tanpa perlakuan hanya memiliki umur simpan selama 24 jam. Hal tersebut menyebabkan diperlukannya penanganan pasca panen yang tepat untuk memperpanjang masa simpan jamur merang. Salah satu usaha pasca panen yang dapat dilakukan untuk memperpanjang umur simpan jamur merang yaitu pengawetan segar, pengemasan yang sesuai diikuti dengan pendinginan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis kemasan plastik dan suhu penyimpanan terhadap kualitas jamur merang. Penelitian ini dimulai setelah Jamur merang segar siap dipanen dan di sortasi atau dipisahkan dari benda asing. Kemudian jamur merang dikemas dengan menggunakan plastik Polietilen dan plastik Polipropilen, tiap-tiap kemasan dimasukkan 2 buah jamur merang. Selanjutnya disimpan dalam suhu ruang 28oC, dan suhu dingin 5oC. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktorial yaitu, faktor kemasan dan suhu penyimpanan, dengan 3 taraf perlakuan kemasan dan 2 taraf perlakuan suhu, dan 2 kali ulangan pengambilan sampel. Dengan demikian terdapat 12 satuan percobaan susunan kombinasi perlakuan Tingkat kesukaan panelis pada jamur merang tanpa kemasan yang disimpan pada suhu ruang (28ºC) telah ditolak pada hari ke-2, jamur merang tanpa kemasan yang disimpan pada suhu 5ºC dan jamur merang dengan kemasan polietilen dan polipropilen suhu ruang ditolak panelis pada hari ke-3. Sedangkan pada jamur merang dengan kemasan polietilen dan polipropilen pada suhu penyimpanan 5oC panelis menolak pada hari ke-4. Hasil analisis sidik ragam (Anova) menunjukkan bahwa jenis kemasan berpengaruh terhadap kadar air, susut bobot, protein, oerganoleptik dan umur simpan jamur merang. Sedangkan variasi suhu penyimpanan berpengaruh terhadap kadar air, susut bobot, protein, organoleptik (aroma dan warna) dan umur simpan jamur merang. Hasil uji lanjut Duncan menunjukkan bahwa jamur merang tanpa kemasan berberda nyata dengan jamur merang kemasan polietilen dan polipropilen terhadap kadar air, susut bobot, protein, organoleptik dan umur simpan. Sedangkan jamur merang dengan kemasan polietilen tidak berbeda nyata dengan jamur merang dengan kemasan polipropilen. Hasil penelitian perlakuan terbaik terdapat pada Jamur merang dengan kemasan polipropilen dan polietilen yang disimpan pada suhu 5ºC ditolak konsumen pada hari ke 4.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMBINASI SUBSTRAT MEDIA TUMBUH TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (Mardiana, 2016)

PENGARUH BEBERAPA KOMPOSISI MEDIA TUMBUH TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN, LIPID DAN KARBOHIDRAT PADA TUBUH BUAH JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (Amalia, 2017)

UMUR SIMPAN WORTEL (DAUCUS CARROTA L) DENGAN VARIASI KEMASAN PLASTIK POLIPROPILEN DAN SUHU PENYIMPANAN (Desi Diana, 2015)

PERTUMBUHAN JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) PADA MEDIA TANAM JERAMI PADI DAN LIMBAH SEKAM (Aslam Bustamam, 2017)

PENGARUH KOMPOSISI SUBSTRAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TUBUH BUAH JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (Suari Eko Trisna, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy