//

PELANGGARAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN NARAPIDANARNPADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA RNLHOKSEUMAWE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Febriyanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

CUT FEBRIYANTI, PELANGGARAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN NARAPIDANA PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN 2014 KLAS IIA LHOKSEUMAWE FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (iv, 61), pp., tabl, bibl. AINAL HADI, S.H., M.Hum. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan mengatur bahwa Ketentuan mengenai keamanan dan ketertiban LAPAS diatur lebih lanjut dengan Keputusan Menteri. Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara pasal 8 yang menyebutkan “Narapidana atau Tahanan yang melanggar tata tertib, dijatuhi : (a) hukuman disiplin tingkat ringan, (b) hukuman disiplin tingkat sedang, (c) hukuman disiplin tingkat berat”. Hukuman ini bersifat administrative, dan belum adanya Peraturan terbaru yang terkait dengan penambahan hukuman pidana terhadap narapidana yang melakukan pelarian apabila tertangkap kembali. Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjelaskan bentuk-bentuk pelanggaran di LAPAS KLas IIA Lhokseumawe, faktor yang menjadi penyebab terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban narapidana dan tindakan penanggulangan yang harus dilakukan pihak Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Lhokseumawe dalam kaitannya dengan pelarian dan kerusuhan narapidana sebagi bentuk gangguan keamanan dan ketertiban Lapas. Data dalam penulisan skripsi diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder, sedangkan penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data primer melalui wawancara dengan responden dan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pelanggaran yang sering terjadi di Lapas Klas II A Lhokseumawe adalah pelarian narapidana atau tahanan dan kerusuhan. Hal ini termasuk dalam gangguan keamanan dan ketertiban Lapas. Faktor-faktor yang menjadi penyebabnya yaitu faktor internal dan eksternal. Tindakan penanggulangan yang dilakukan pihak Lapas Klas II A Lhokseumawe adalah pemberian sanksi disiplin, dilakukan upaya preventif maupun refresif, namun tetap membutuhkan pengadaan suatu upaya ketegasan dalam bentuk sanksi tambahan yang diberikan bagi narapidana yang melarikan diri, peningkatan jumlah petugas Lapas, peningkatan sarana dan prasrana di Lapas dan penanganan over kapasitas Lapas. Perlu adanya penambahan petugas Lapas serta sarana yang lebih baik di LAPAS Klas IIA Lhokseumawe. Dan perlunya perubahan infrastruktur gedung Lapas yang lebih besar serta penambahan fasilitas pengamanan di Lapas. Selain itu seharusnya ada kebijakan tegas dan sanksi tambahan atau hukuman pidana baru terhadap narapidana yang melakukan pelanggaran dan menjadi penyebab terganggunya keamanan dan ketertiban termasuk yang melarikan diri dan tertangkap kembali. i

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN SANKSI TERHADAP NARAPIDANA DALAM RANGKA PENGAMANAN DAN PENERTIBAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN (SUATU PENELITIAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A BANDA ACEH) (IRVAN MURSALIN, 2014)

POLA PEMBINAAN PEMASYARAKATAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BANDA ACEH (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BANDA ACEH) (Zakiatul Ula, 2016)

PELAKSANAAN PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA YANG MELAKUKAN PELANGGARAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BANDA ACEH (DEWI PRIHATIYANINGSIH, 2015)

PENGARUH PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA PENGEDAR NARKOTIKA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TUJUAN PEMIDANAAN (PENELITIAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A BANDA ACEH) (Willy mirza, 2016)

PEMBINAAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (STUDI TENTANG KONTROL DAN REHABILITASI SOSIAL LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BANDA ACEH) (muammar J.A, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy