RANCANG BANGUN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK (PLTO) SISTEM TUAS PELAMPUNG DI KOTA TAPAKTUAN, ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK (PLTO) SISTEM TUAS PELAMPUNG DI KOTA TAPAKTUAN, ACEH SELATAN


Pengarang

Fathanah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1004105010051

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Salah satu energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit energi listrik yaitu energi ombak. Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO) dapat menjadi solusi penyediaan energi listrik di wilayah pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO) sistem tuas pelampung yang layak diimplementasikan di wilayah pesisir, terutama di wilayah pesisir Kota Tapaktuan, Aceh Selatan. Metode yang digunakan yaitu menentukan desain prototipe PLTO yang terdiri dari perancangan tuas pelampung sebagai turbin, perakitan rasio pulley, gearbox, freewheel dan generator aksial 48 kutub. Bentuk alat dibuat dalam ukuran sebenarnya, namun penggunaaan generatornya dalam skala yang lebih kecil. Hasil penelitian didapatkan rancang bangun prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO) sistem tuas pelampung dengan kecepatan putaran 250 rpm, frekuensi 50 Hz, dan daya 60 Watt yang mampu menghasilkan tegangan 13,5 V dan arus 4,4 A pada saat ketinggian ombak mencapai 0,55 m di wilayah pesisir Kota Tapaktuan, Aceh Selatan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK