//

HUBUNGAN PERSALINAN PERVAGINAM DAN PERSALINAN SEKSIO SESAREA DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Muliasari - Personal Name
SubjectLABOR (OBSTETRICS)
ASPHYXIA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Latar Belakang: Asfiksia neonatorum merupakan salah satu dari tiga penyebab utama kematian neonatal di Indonesia. Beberapa studi menyebutkan bahwa salah satu faktor risiko penyebab terjadinya asfiksia neonatorum adalah persalinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persalinan pervaginam dan persalinan seksio sesarea dengan kejadian asfiksia neonatorum. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan case control. Penelitian dilakukan pada bulan September dan Oktober 2014 dengan menggunakan data rekam medik neonatus yang dilahirkan di RSUDZA selama tahun 2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling pada kelompok kasus dan teknik simple random sampling pada kelompok kontrol. Total sampel yang berjumlah 111 neonatus dibagi menjadi 37 neonatus asfiksia sebagai kelompok kasus dan 74 neonatus nonasfiksia sebagai kelompok kontrol. Analisa data menggunakan uji Chi-Square dan Odd Ratio. Hasil: Dari 37 neonatus pda kelompok kasus, 30 neonatus (81,1%) dilahirkan dengan persalinan seksio sesarea dan 7 neonatus (18,9%) dilahirkan dengan persalinan pervaginam. Pada kelompok kontrol, dari 74 neonatus didapatkan bahwa 48 neonatus (64,9%) dilahirkan dengan persalinan seksio sesarea dan 26 neo natus (35,1%) dilahirkan dengan persalinan pervaginam. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persalinan pervaginam dan persalinan seksio sesarea dengan kejadian asfiksia neonatorum di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh dengan nilai p = 0,078 > α=0,05. Kata Kunci: Asfiksia neonatorum, persalinan pervaginam, persalinan seksio sesarea

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN USIA IBU, TINGGI BADAN, BMI SEBELUM PERSALINAN, TFU DAN BERAT LAHIR BAYI TERHADAP KEJADIAN SEKSIO SESAREA RNKARENA CEPHALOPELVIC RNDISPROPORTION (Izza Chairani, 2014)

HUBUNGAN KEJADIAN EKSPULSI INTRA UTERINE DEVICE (IUD) PASCA PLASENTA DENGAN METODE PERSALINAN PERVAGINAM DAN SEKSIO SESAREA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Didy Hamidi, 2021)

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN ANTARA IBU YANG AKAN DIRENCANAKAN PERSALINAN PERVAGINAM DAN SEKSIO SESAREA DI RSUDZA (Fuzi Yati Pagan, 2014)

HUBUNGAN PEMBERIAN DEKSAMETASON TERHADAP KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM PADA KELAHIRAN PREMATUR DI RSUDZA (CUT MEUTIA, 2018)

PERBANDINGAN KEJADIAN SEPSIS NEONATORUM ANTARA PERSALINAN PERVAGINAM DENGAN PERSALINAN SEKSIO SESAREA DI RSUDZA BANDA ACEH (yunita arbainy, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy