//

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang zuhri ramadhan - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

SKRIPSI 04 Januari 2013 xv + VI Bab + 71 Halaman + 11 Tabel + 1 Skema + 14 Lampiran ZUHRI RAMADHAN 1007101190026 HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Diabetes Mellitus (DM) merupakan gangguan metabolisme (metabolic syndrome) dari distribusi gula oleh tubuh. Usaha untuk menjaga agar gula darah tetap mendekati normal juga tergantung dari motivasi serta pengetahuan penderita mengenai penyakitnya. Latihan fisik pada pasien diabetes melitus memiliki peranan yang sangat penting dalam mengendalikan kadar gula dalam darah. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang latihan fisik dengan motivasi melakukan latihan fisik pada pasien diabetes mellitus tipe II di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study, pada 70 orang sampel. Analisa data menggunakan uji chi-square, menggunakan software komputer. Hasil analisa data didapatkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan tentang latihan fisik dengan motivasi melakukan latihan fisik pada pasien diabetes mellitus tipe II (p-value = 0,004). Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan antara pengetahuan tentang latihan fisik dengan motivasi melakukan latihan fisik pada pasien diabetes mellitus tipe II di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Diharapkan kepada pasien agar dapat mencari tahu lebih banyak tentang latihan fisik pada diabetes mellitus dan nantinya akan meningkatkan motivasi untuk melakukan latihan fisik. Sedangkan bagi perawat diharapkan dapat terus memberikan informasi terkait pentingnya latihan fisik bagi pasien diabetes mellitus sehingga akan meningkatkan motivasi dalam melakukan latihan fisik. Kata Kunci : pengetahuan, latihan fisik, motivasi, diabetes mellitus tipe II. Daftar bacaan : 26 buku (2000 – 2011), 1 jurnal (2004), 4 internet

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

UPAYA PENGONTROLAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN RNDIABETES MELITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RNRSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (WAN MILATINA, 2014)

GAMBARAN MOTIVASI PASIEN DIABETES MELLITUS TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN GANGREN RNDENGAN PERAWATAN KAKI DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DARA ANJALITA, 2015)

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

HUBUNGAN POLA MAKAN, USIA, DAN GENETIK DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD MEURAXA BANDA ACEH (M. Alfajri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy