//

ANALISA KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TRISIA WELNI - Personal Name
SubjectPNEUMONIA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Infeksi nosokomial adalah infeksi yang didapatkan setelah pasien mendapatkan perawatan >48 jam di rumah sakit. Salah satu bentuk infeksi nosokomial yang mempunyai mortalitas yang tinggi adalah pneumonia nosokomial. Pneumonia nosokomial ada 2 yaitu Ventilator Associated Pneumonia (VAP), dan Health Care Associated Pneumonia (HCAP). Sekitar 9-68% kasus pneumonia nosokomial merupakan Ventilator Associated Pneumonia. Prevalensi Ventilator Associated Pneumonia secara global adalah 27%, sedangkan prevalensi Ventilator Associated Pneumonia di berbagai negara bervariasi, tergantung pada populasi penelitian. Angka kematian Ventilator Associated Pnumonia di ICU tinggi yaitu 41,9%. Dengan melakukan analisa yang tepat serta mengetahui karakteristik pasien dengan Ventilator Associated Pneumonia tentunya akan mengurangi insiden serta angka kematian pada pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan karakteristik pasien dengan Ventilator Associated Pneumonia di Rumah Sakit Umum dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel didapatkan 17 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil penelitian ini menggambarkan: usia pasien dengan Ventilator Associated Pneumonia paling banyak yaitu 41-74 tahun 10 orang (58,8%), jenis kelamin terbanyak adalah laki-laki 14 orang (82,4%), lama pemakaian ventilator terbanyak adalah 3-10 hari(58,8%), indikasi awal rawat ICU terbanyak karena tindakan bedah pada 13 orang pasien (76,5%). Dari 17 orang pasien dengan VAP 4 orang meninggal (23,5%). Kuman terbanyak penyebab Ventilator Associated Pneumonia adalah Pseudomonas aeruginosa pada 7 orang pasien (41,2%). Kata Kunci: Infeksi nosokomial, Ventilator Associated Pneumonia (VAP), karakteristik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI OBSERVASI KEJADIAN VENTILATOR ASSOCIATEDRNPNEUMONIA PADA PASIEN DI RUANG CRITICAL CARERNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2015 (Edas Mawaty , 2015)

FAKTOR RISIKO TERJADINYA PNEUMONIA BALITA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Yuni Ellyana, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN PENCEGAHAN PNEUMONIA PADA PASIEN TIRAH BARING DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (HAIRANISA, 2014)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KASUS PNEUMONIA PADA BALITA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MISCA RESTIANA, 2020)

PENINGKATAN PROCALCITONIN UNTUK MENILAI DERAJAT SEPSIS PADA PASIEN PNEUMONIA (Wachyoe Hadi Saputra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy