//

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGAWAS DITINJAU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 1992 DALAM KEGIATAN KOPERASI (SUATU PENELITIAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HJ Cut Nyak - Personal Name
SubjectCOOPERATIVE
PRIVATE LAW
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hj. Cut Nyak TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGAWAS DITINJAU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 1992 DALAM KEGIATAN 2014 KOPERASI (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh) Fakultas Hukum, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (v. 61) pp., bibl., app. (Mustakim, S.H., M.Hum) Pasal 39 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian menentukan bahwa tugas pengawas koperasi adalah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan dan pengelolaan koperasi, membuat laporan tertulis tentang hasil pengawasannya. Pengawas juga berwenang meneliti catatan yang ada pada koperasi. Sesuai dengan ketentuan tersebut, pengawas diharapkan dapat mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya penyelewengan wewenang dalam penggunaan sumber-sumber ekonomi yang dimiliki koperasi, tetapi pada kenyataannya sebagian dari pengawas koperasi tidak melakukan pengawasan sebagaimana yang diharapkan undang-undang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tugas dan tanggung jawab pengawas dalam kegiatan koperasi simpan pinjam di Kota Banda Aceh dan upaya yang dilakukan apabila pengawas tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, yaitu penelitian hukum yang memakai sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan cara mewawancarai responden dan informan, sedangkan data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pengawas koperasi tidak dijalankan sebagaimana ketentuan yang ada misalnya seperti tidak meneliti catatan keuangan dan tidak melakukan pengawasan secara berkala, ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: a) pengawas memiliki kesibukan dan aktivitas lainnya di luar koperasi b) pengawas tidak memiliki kemampuan ketrampilan kerja dan wawasan dibidang pengawasan c) usia pengawas yang sudah lanjut dan tidak lagi produktif d) faktor kesehatan yang kurang baik. Upaya yang dilakukan terhadap pengawas yang tidak menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengawas koperasi, yaitu: a) menyegerakan pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan untuk membahas masalah kepengawasan b).melaporkan pada Kepala Seksi Koperasi di Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah c) memberikan teguran kepada pengawas pada saat rapat anggota tahunan d) mengusulkan pemberhentian pengawas dalam rapat anggota. Disarankan kepada setiap pengawas, agar melakukan pengawasan minimal 1 kali dalam sebulan dan menjalin komunikasi yang baik dengan pengurus serta karyawan koperasi dan sebaiknya pengawas diambil dari orang-orang yang tidak mempunyai kesibukan tinggi serta memiliki latar belakang pengetahuan tentang pengawasan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBEDAAN MODAL KERJA, AKTIVITAS DAN RENTABILITAS EKONOMI ANTARA KOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAH DAN KOPERASI SIMPAN PINJAM KONVENSIONAL DI BANDA ACEH (melvi devanti alfian, 2013)

TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PERJANJIAN PINJAM MEMINJAM TANPA AGUNAN TAMBAHAN (SUATU PENELITIAN DI KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA KOPKAGA) (NOVIE INDRIANI DARNIUS, 2017)

TANGGUNG JAWAB PENGURUS KOPERASI DALAM USAHA RNMEMAJUKAN KOPERASI DI LINGKUNGAN UNSYIAHRN(SUATU PENELITIAN DI FAKULTAS HUKUM, FAKULTAS PERTANIAN DAN FAKULTAS RNTEKNIK) (SARAH FADHILLA, 2015)

TINJAUAN HUKUM TERHADAP PERUBAHAN PENGELOLAAN KOPERASI SYARIAH PEGAWAI NEGERI AL IKHLAS DALAM USAHA SIMPAN PINJAM DI KABUPATEN PIDIE (M. Hafizh Achsan, 2020)

WANPRESTASI DALAM PEMBERIAN PINJAMAN KEPADA BUKAN ANGGOTA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM JAYA PERKASA CABANG BLANGKEJEREN (TUTI HARTATI PW, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy