PENENTUAN KONSENTRASI EMAS PADA BIJIH BATUAN EMAS MENGGUNAKAN RHODAMINE B DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENENTUAN KONSENTRASI EMAS PADA BIJIH BATUAN EMAS MENGGUNAKAN RHODAMINE B DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI


Pengarang

Rhafino Rieza Pahlevi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0506103040006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: bijih batuan emas, rhodamine B, spektrofotometri.
Penelitian ini dilakukan untuk menentukan konsentrasi emas pada bijih batuan emas menggunakan rhodamine B dengan metode spektrofotometri.

Telah dilakukan penelitian tentang penentuan konsentrasi emas dalam sampel bijih batuan emas yang diperoleh dari pertambangan rakyat di Desa Panton Luas Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan dengan menggunakan pereaksi warna rhodamine B. Pada penelitian ini diukur panjang gelombang maksimum dari larutan standar Au(III), dan diperoleh panjang gelombang maksimum berada di 560 nm. Kurva kalibrasi larutan Au(III) dilakukan pada kondisi optimum dengan konsentrasi Au(III) sebesar 100 ppm. Kurva kalibrasi tersebut memiliki nilai regresi R=0,987 dan persamaan regresi y= 0,136x + 0,303. Larutan Au(III) yang diperoleh dari batuan emas dicampurkan dengan asam klorida pekat dan dipanaskan hingga larut. ditambahkan aquades dan disaring. Residu Au(III) dilarutkan dalam aqua regia dan didihkan. Larutan diencerken dengan air. Diambil 3 mL larutan Au(III) ditambakan 1 ml larutan NaF. Kemudian diambil larutan tersebut sebanyak 0,8; 1,6; 2,4; 3,2 dan 4 mL ditambahkan dengan larutan yang diperoleh pada kondisi optimum yaitu: HCl 2,3 N, NH4Cl 4,6 M, aquades, rhodamine 0,30 % dan benzena. Diukur absorbansi Au(III) pada selang waktu 0 menit. Dengan menggunakan persamaan garis y= 0,136x + 0,303, maka diperoleh bahwa konsentrasi larutan Au(III) adalah sebesar 15,55 ppm.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK