//

PENERAPAN PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENILAI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TURUNAN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suci Maulina - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MATHEMATICS - TEACHING
ASSESSMET TESTS - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: pefomance assessment, performance assessment task, kemampuan komunikasi matematika, turunan fungsi aljabar Komunikasi matematika merupakan suatu cara untuk mengungkapkan ide-ide matematika, baik lisan maupun tulisan terhadap suatu permasalahan matematika. Rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa saat ini merupakan suatu permasalahan yang perlu diatasi melalui upaya penerapan suatu pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Salah satunya adalah penerapan performance assessment, yang tak hanya dapat menilai tetapi juga mengembangkan kemampuan komunikasi siswa. Karena itu, dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematika siswa baik tertulis maupun lisan dan respon siswa terhadap penerapan performance assessment pada materi turunan di kelas XI SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan pre-eksperimen dengan desain one shot case study. Penelitian ini melibatkan kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Banda Aceh yang terdiri dari 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dari performance assessment task yang meliputi paper, presentasi dan tes tertulis serta angket respon siswa. Data tersebut diolah secara deskriptif dengan menghitung persentase dan rata-rata. Dari analisis data diperoleh rataan tertinggi melalui tugas paper berada dalam kategori sangat baik, terdapat pada kemampuan menyatakan model matematika, proses aljabar dan perhitungan serta penafsiran terhadap soal, sedangkan rata-rata terendah berada dalam kategori cukup terdapat pada kriteria menyatakan ide/situasi dengan gambar. Sementara melalui presentasi, rataan tertinggi berada dalam kategori sangat baik terdapat pada kriteria menjawab pertanyaan, sedangkan terendah berada dalam kategori baik terdapat pada kriteria kerja sama. Terakhir melalui tes tertulis, rataan tertinggi berada dalam kategori baik terdapat pada kriteria proses aljabar/perhitungan dan terendah berada dalam kategori cukup terdapat pada kriteria menyatakan kesimpulan. Kemudian, hampir seluruh siswa berminat mengikuti pembelajaran yang menerapkan performance assessment. Jadi, dapat disimpulkan kemampuan komunikasi siswa kelas XI IPA 1 secara tertulis dan lisan secara keseluruhan berada dalam kategori baik dan respon siswa terhadap penerapan performance assessment pada materi turunan menunjukkan respon yang positif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Intan Putri, 2016)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH (DELISMA SIREGAR, 2019)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KETERLIBATAN SISWA (STUDENT ENGAGEMENT) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (LISA RAMADHANI, 2019)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI MELALUI RESOURCE BASED LEARNING (RBL) PADA MATERI TURUNAN DI MAN MODEL BANDA ACEH (Muliana Ramadhani, 2016)

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IX MTSN 4 BANDA ACEH (Aulia Mustika, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy