//

KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI HUTAN GUNUNG MEUKEK KAWASAN GAMPONG LADANG BARO KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang martunis - Personal Name
SubjectPTERIDOPHYTA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas FKIP
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Tumbuhan Paku (Petrydophyta), Keanekaragaman, Gunung Meukek. Penelitian tentang Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di hutan Gunung Meukek kawasan Gampong Ladang Baro Kabupaten Aceh Selatan telah dilaksanakan pada tanggal 11 April sampai 5 November 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku, komposisi jenis serta indeks keanekaragaman jenis. Metode yang dipakai adalah survei ekplorasi. Lokasi penelitian ditentukan dengan cara Purposive Sampling dan dibagi menjadi 3 stasiun pengamatan berdasarkan ketinggian dari permukaan laut. Stasiun pengamatan I berada pada ketinggian 152 m dpl, Stasiun pengamatan II berada di ketinggian 418 m dpl dan Stasiun pengamatan III berada di ketinggian 834 m dpl. Pada setiap Stasiun pengamatan ditetapkan 18 plot berukuran 2m x 2m untuk tumbuhan paku teresterial dan 9 plot ukuran 50 m x 50 m untuk tumbuhan paku epifit. Hasil penelitian ditemukan 25 jenis tumbuhan paku yang terdiri 18 jenis tumbuhan paku teresterial 7 jenis tumbuhan paku epifit, 11 famili, 4 ordo 2 kelas. Tumbuhan paku teresterial yang ditemukan pada ketiga stasiun pengamatan adalah jenis Cyclosorus immersus, Cyclosorus sumatranus, Cyclosorus parasiticus, Neprolephis sp, Pteris ensiformis, dan Bolbitis heteroclita. Sedangkan tumbuhan paku epifit yang ditemukan pada ketiga stasiun pengamatan adalah jenis Drynaria sparsisora, Thelypteris sp, dan Pityrogramma calomelanos. Secara keseluruhan indeks keanekaragaman tumbuhan paku di hutan Gunung Meukek kawasan Gampong Ladang Baro Aceh Selatan dikategorikan sedang yaitu 1, 81.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI KAWASAN RAINFOREST LODGES KEDAH (Khatijah, 2019)

KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI KAWASAN HUTAN LINDUNG DESA LAM BADEUK, ACEH BESAR (Andi Rama Syahputra, 2020)

INVENTARISASI JENIS-JENIS TUMBUHAN PAKU DAN PEMANFAATANNYA DI KAWASAN AIR TERJUN SEKUALAN KECAMATAN SERBAJADI KABUPATEN ACEH TIMUR (KASUMAH, 2021)

INVENTARISASI PTERIDOPHYTA DI KAWASAN AIR TERJUN SUHOM KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH (Intan Sarina, 2019)

KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) YANG TERDAPAT PADA KAWASAN PINTU AIR MATA IE KECAMATAN LHOKNGA KABUPATENACEH BESAR (RIDHA AFRINDA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy