//

KAJIAN EKSPERIMENTAL SIFAT GESEK DAN KEAUSAN LAPISAN DIAMOND LIKE CARBON (DLC) DALAM LINGKUNGAN BIODIESEL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rian Satrizan - Personal Name
SubjectDIESEL ENGINES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Diamond like carbon (DLC) coating dikenal sebagai material pelapis/coating yang dapat menghasilkan gesekan dan keausan yang sangat rendah. Namun pada kasus tertentu dari penelitian terdahulu terindikasi bahwa sifat gesek dan keausan lapisan DLC kurang baik pada lingkungan bahan bakar minyak. Disisi lain, hadirnya BioSolar Pertamina yang merupakan produk campuran Solar dengan biodiesel palm methyl ester (PME) pada konsentrasi 7,5%, menjadi suatu fenomena tersendiri di Indonesia. Penelitian ini mengkaji pengaruh konsentrasi PME dalam biodiesel terhadap sifat gesek dan keausan lapisan DLC. Pengukuran sifat gesek dilakukan dengan alat tribometer ball-on-disk. Sedangkan tingkat keausan didapat dari perhitungan berdasarkan gambar aus. Tiga jenis material spesimen bola digunakan, yaitu amorphous carbon (a-C), hydrogenated amorphous carbon (a-C:H), dan stainless steel SUS304. Spesimen cakram terbuat dari material SUS304. Lima varian biodiesel dengan konsentrasi PME berbedabeda adalah 0%, 7,5%, 15%, dan 100%. Hasil pengujian menunjukkan koefisien gesek rata-rata kedua jenis DLC adalah 0,28 atau cenderung lebih rendah dari pada material tanpa pelapis. Selanjutnya. tingkat keausan yang didapat cukup bervariasi. DLC a-C:H menunjukkan tingkat keausan paling besar pada konsentrasi PME kisaran 0% hingga 15%. Sedangkan pada kisaran konsentrasi PME 30% dan 100% tingkat keausan paling besar ditunjukkan oleh DLC a-C.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIFAT GESEK DAN KEAUSAN STAINLESS STEEL TERHADAP CAST IRON DALAM LINGKUNGAN MINYAK BIODIESEL (Husaini, 2016)

LAJU KEAUSAN STAINLESS STEEL SUS 304 PADA LINGKUNGAN PELUMASAN BAHAN BAKAR DIESEL ALAMI (MURSALIN, 2018)

SIFAT GESEK DAN KEAUSAN STAINLESS STEEL TERHADAP CAST IRON DALAM LINGKUNGAN MINYAK DIESEL (Khalil Fazmi, 2014)

KAJI EKPERIMENTAL PERFORMANSI MESIN DIESEL DENGAN PEMANFAATAN BAHAN BAKAR NABATI DARI BIJI KARET ( HEVEA BRASILIENSIS) (SAMSUL BAHRI, 2018)

PENGARUH KANDUNGAN MATHYL ESTER SAWIT DALAM PELUMAS TERHADAP KEAUSAN SUS 304 (T M DAMIRSYAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy