//

ANALISIS MODEL BANGKITAN PERJALANAN PELAJAR KOMPLEK PERUMNAS JEULINGKE MENUJU KAWASAN PENDIDIKAN DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mifta Umara - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
LAND USE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik Sipil
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Salah satu kawasan pendidikan di Kota Banda Aceh adalah Darussalam, dimana tersedia sarana pendidikan informal dan pendidikan formal mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi. Pergerakan dengan tujuan belajar perlu diperhatikan karena merupakan aktivitas rutin dilakukan oleh pelajar komplek Perumnas Jeulingke setiap harinya dapat membebani jaringan jalan dan banyaknya pergerakan dilakukan oleh pelajar akan mengakibatkan pertambahan volume lalu lintas dengan kapasitas jalan yang tetap sehingga terjadinya kemacetan di ruas jalan dan persimpangan di kawasan pendidikan Darussalam. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dilakukan penelitian tentang pemodelan dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi besarnya bangkitan pergerakan dilakukan oleh pelajar komplek Perumnas Jeulingke menuju kawasan pendidikan Darussalam. Penelitian ini mengambil lokasi pada komplek Perumnas Jeulingke Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh dengan objek yang ditinjau adalah pelajar mulai dari SD, SMP, SMA, hingga Mahasiswa. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara ke rumah tangga pada 92 Kepala Keluarga terdiri dari 118 orang pelajar di sepuluh lorong tersebut. Berdasarkan hasil kuesioner diketahui bahwa mayoritas jumlah pelajar berdasarkan jenjang pendidikan yang paling dominan di Perumnas Jeulingke adalah mahasiswa terdiri dari 45 orang atau sebesar 38%, jumlah pelajar SMP sebanyak 26 orang atau 22%, pelajar SMA 20% berjumlah 24 orang, dan 19% pelajar SD atau 23 orang. Jenis moda yang paling banyak digunakan oleh pelajar komplek Perumnas Jeulingke untuk melakukan perjalanan menuju kawasan pendidikan Darussalam adalah sepeda motor sebesar 84%. Berdasarkan hasil pengujian regresi dengan menggunakan software SPSS-19 diperoleh model terbaik Y = 0,250 + 0,708 X7 + 0,636 X8 + 0,789 X9 + 0,794 X10, dengan nilai determinasi (R2) sebesar 0,599 yakni bangkitan pelajar yang terjadi pada Perumnas Jeulingke sebesar 60% ditentukan oleh variabel bebas yang digunakan dalam model, (X7) pelajar jenjang pendidikan SMA, (X8) jumlah mahasiswa, (X9) jumlah pengguna mobil dan (X10) jumlah pengguna sepeda motor. Kata kunci: bangkitan perjalanan pelajar, regresi linear berganda.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODEL BANGKITAN PERGERAKAN PELAJAR SMA MENUJU SEKOLAH (STUDI KASUS KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH) (Novizar Iskandar, 2014)

MODEL BANGKITAN PERGERAKAN PELAJAR UNTUK AKTIVITAS MANDATORY DI GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH (M. Latiful Khabir Alfarisi, 2014)

MODEL BANGKITAN PERGERAKAN PELAJAR SMA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Irwan Sukardi, 2015)

HUBUNGAN TATA GUNA LAHAN CAMPURAN TERHADAP BANGKITAN PERJALANAN DI KOTA BANDA ACEH (Vitaria Rahmatika Sibarani, 2020)

POLA BANGKITAN PERJALANAN DALAM SUATU KAWASAN (STUDI KASUS: KAWASAN LAMPULO KOTA BANDA ACEH) (Suriyadi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy