//

PENGUJIAN DAN ANALISIS KINERJA LINK WIFI IEEE 802.11N MENGGUNAKAN HT-PHY MIMO 2X2 DARUSSALAM – LAMPRIET

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahlul Fuad - Personal Name
SubjectCOMPUTER SYSTEM-ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kebutuhan mengirimkan paket data melalui suatu jaringan dengan kecepatan tinggi sangatlah dibutuhkan pada perkembangan teknologi. IEEE 802.11 merupakan suatu standar protokol untuk layanan Wireless Local Area Network (WLAN). Pengembangan terbaru dari wireless LAN adalah IEEE 802.11n. Standar ini memiliki perpaduan teknologi transmisi data dengan multi-antena atau dikenal dengan nama Multiple-Input Multiple-Output (MIMO) dan Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) yang memberikan transfer data yang lebih cepat dari standar sebelumnya. Pada penelitian ini, tahap awal yang dilakukan adalah mendesain sistem link WiFi 802.11n, kemudian instalasi sistem link WiFi di wilayah Darusalam dan Lamprit. Setelah tahap tersebut telah dilakukan, kemudian dikonfigurasi dan dilakukan pengujian link WiFi 802.11n dengan mengukur kinerja dari throughput, Round Trip Time (RTT), dan packet loss dengan menggunakan aplikasi WinBox. Oleh karena itu analisa dan pengujian ini dilakukan untuk mengukur kinerja jaringan WiFi menggunakan MIMO 2x2 di Laboratorium Jaringan Teknik Elektro UNSYIAH, link Darussalam dan link Lampriet, membandingkan kinerja jaringan WiFi pada Laboratorium dan link Darussalam – Lampriet dan melakukan pengujian tambahan dengan menggunakan indeks MCS. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa throughput dari pengukuran Laboratorium mencapai 28.8Mbps, nilai throughput dari pengukuran link Darussalam – Lampriet mencapai 15.6Mbps. Kemudian hasil throughput dari kinerja jaringan WiFi MIMO 2x2 dengan penggunaan indeks MCS pada MCS 0 mencapai 28.8Mbps, MCS 2 mencapai 28.8Mbps dan pada MCS 4 mencapai 73.5Mbps.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KINERJA METODE CHANNEL BONDING WIFI IEEE 802.11N( STUDI KASUS PADA LINK LAMPRIET-DARUSSALAM ) (Amna, 2015)

PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI, COMPUTER SELF EFFICACY DAN COMPUTER ANXIETY DALAM PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BAPPEDA PROVINSI ACEH (Romi Maulana , 2016)

PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA RATE ADAPTATION ADAPTIVE AUTO RATE FALLBACK (AARF) PADA SIMULATOR NS-3 UNTUK STANDAR WLAN IEEE 802.11N (HERY MUNANZAR, 2018)

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA HT-PHY PADA NS-3 DAN HT-PHY 802.11N PADA MIKROTIK (Salman Ardiansyah Manik, 2014)

PENGEMBANGAN METODE ADAPTASI RATE PADA ALGORITMA MINSTREL-HT UNTUK MENINGKATKAN THROUGHPUT WLAN IEEE 802.11N (RIZKA ALBAR, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy