//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elly suryani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
JIGSAW TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar, perubahan lingkungan Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi perubahan lingkungan pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar materi perubahan lingkungan pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 48 siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 25 perempuan dan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh, yaitu kelas IVa berjumlah 24 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan dan kelas IVb berjumlah 24 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa dengan harga thitung = 0,18 dan d.b (distribusi bilangan) = 46, diketahui harga t kritik pada t.s.0,05 = 2,68 dan t.s.0,01 = 2,42. Sehingga diperoleh thitung < t.s.0,05 < t.s.0,01, yaitu 0,18 < 2,68 > 2,42. Dapat disimpulkan kelas eksperimen mempunyai pengaruh pada taraf signifikan 0,05 dan mempunyai pengaruh pada taraf signifikan 0,01. Ini berarti hasil signifikan untuk menerima Ha, yaitu bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi perubahan lingkungan di kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (Elly suryani, 2013)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI DENGAN MODEL JIGSAW PADA MATERI PERUBAHAN BENDA KELAS VI SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Zahraton Nida, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Yeni Mayasari, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH (yoesoesi afdal, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy