//

SIFAT GESEK DAN KEAUSAN STAINLESS STEEL TERHADAP CAST IRON DALAM LINGKUNGAN MINYAK DIESEL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khalil Fazmi - Personal Name
SubjectMACHINE TOOLS
MACHINE ENGINEERING
TRIBOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Dewasa ini penggunaan material stainless steel pada kendaraan bermotor sangat beragam. Contohnya pada komponen bergerak seperti pada pompa dan injektor pada common rail fuel system dan pada komponen-komponen yang tidak bergerak lainnya. Gesekan dan keausan stainless steel terjadi dalam lingkungan minyak diesel. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang gesekan dan keausan stainless steel yang terjadi dalam lingkungan minyak diesel. Pengujian dilakukan pada kondisi boundary lubrication dengan menggunakan alat tibometer ball-on disk. Ada tiga variasi beban dan kecepatan yang diujikan secara terpisah, yaitu 9 N, 12 N, dan 15 N untuk beban normalnya 100, 200, dan 400 rpm untuk kecepatan putaran gesek. Material spesimen yang digunakan adalah stainless steel untuk bola dan cast iron untuk cakram. Minyak diesel yang digunakan ialah Solar Pertamina dengan viskositas 2 – 5 mm2/s. Hasil menunjukkan bahwa nilai koefesien gesek rata-rata stainless steel terhadap cast iron dalam lingkungan minyak diesel berkisar 0,5 – 0,62. Koefesien terendah didapat pada beban 15 N kecepatan 400 rpm dan tertinggi pada 9 N kecepatan 100 rpm. Tingkat keausan rata-rata stainless steel berkisar 8 x 10-5 sampai dengan 2,1 x 10-5 mm3/Nm. Tingkat keausan rata-rata cast iron berkisar 1,77 sampai dengan 3,12 mm3/Nm.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIFAT GESEK DAN KEAUSAN STAINLESS STEEL TERHADAP CAST IRON DALAM LINGKUNGAN MINYAK BIODIESEL (Husaini, 2016)

KAJIAN EKSPERIMENTAL SIFAT GESEK DAN KEAUSAN LAPISAN DIAMOND LIKE CARBON (DLC) DALAM LINGKUNGAN BIODIESEL (Rian Satrizan, 2015)

ANALISIS GESEKAN DAN LAJU KEAUSAN LOGAM PADA LINGKUNGAN PELUMASAN METHYL ESTER (Mahadir Muhammad, 2019)

LAJU KEAUSAN STAINLESS STEEL SUS 304 PADA LINGKUNGAN PELUMASAN BAHAN BAKAR DIESEL ALAMI (MURSALIN, 2018)

PENGARUH KANDUNGAN MATHYL ESTER SAWIT DALAM PELUMAS TERHADAP KEAUSAN SUS 304 (T M DAMIRSYAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy