PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH


Pengarang

Dahliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103020021

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar Materi Bilangan Bulat.

Belajar merupakan suatu proses kegiatan yang mengakibatkan suatu perubahan tingkah laku. perubahan tingkah laku itu sendiri merupakan hasil belajar. Salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI). Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI diharapkan hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan belajar. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Exprimental dengan desain one-shot case study dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh, sedangkan sampel diambil satu kelas yaitu kelas VII-1 yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t satu pihak yaitu uji pihak kanan dan taraf siqnifikan 0,05. Hasil pengolahan dan analisis data didapat thitung = 4,38 dan ttabel = 1,71 berarti thitung ttabel yaitu 4,38 1,71 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan belajar dan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh adalah aktif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK