//

KAJIAN SUHU PERMUKAAN LAUT (SPL) TERHADAP LOKASI TANGKAPAN IKAN BERDASARKAN PELETAKAN ALAT TANGKAP DI PERAIRAN UTARA ACEH PADA TAHUN 2007-2009

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Nanda - Personal Name
SubjectFISHING EQUIPMENT-TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kelautan dan perikanan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Variasi dari Suhu Permukaan Laut/Sea Surface Temperature (SST) pada lokasi tangkapan ikan/Net Deployment (ND) di perairan utara Aceh dikaji menggunakan data dari Community Based Bathymetric Survey (CBBS) yang melibatkan nelayan sebagai sumber data, sedangkan untuk validasi SST digunakan data citra satelit mingguan dari National Oceanic and Atmosphere Administration (NOAA). Periode data untuk penelitian ini adalah Mei 2007 hingga Juni 2009 (24 bulan). Jumlah data terekam sebanyak 6.170.648 titik dari 45 kapal nelayan. Nilai SST yang terekam antara 26 - 31oC dengan rekaman data terbanyak terjadi pada bulan Juni 2008 - Mei 2009. nilai dominan SST dari ND berkisar antara 27 – 29oC dengan rekaman data terbanyak terjadi pada bulan November 2008 sebanyak 275 kali, dengan sebaran yang terobservasi didaerah perairan utara Aceh Besar – selatan Pulau Sabang, perairan Pulo Aceh dan perairan Lhoknga. Dari analisis penelitian juga dikemukan bahwa monsoon memberikan pengaruh terhadap SST dan juga ikut mempengaruhi produktifitas disuatu perairan. pada monsoon barat (Desember - Februari) SST ditunjukkan dengan nilai 26,5oC lebih dingin bila dibandingkan dengan monsoon timur (Juli – September) yang bernilai 30oC. Wilayah ND pada musim barat terjadi di daerah selatan Pulo Aceh, lepas pantai Lhoknga hingga Glee Bruek dan diantara Pulau Sabang dan perairan utara Aceh Besar, sedangkan pada musim timur tersebar pada wilayah di perairan utara Aceh Besar, perairan Pulo Aceh (khususnya pada perairan bagian barat dan timur), perairan lepas pantai Lhoknga, atau bergerak ke arah timur. Hal ini mengindikasikan bahwa monsoon juga mempengaruhi wilayah sebaran ND.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS HASIL TANGKAPAN DAN LAJU TANGKAP ALAT TANGKAP PUKAT HELA MINI DI PERAIRAN KOTA LHOKSEUMAWE (ZUHDI, 2019)

PENGARUH RUMPON TERHADAP HASIL TANGKAPAN PURSE SEINE DI PERAIRAN UTARA ACEH (Munzir, 2018)

PEMETAAN DAERAH PENANGKAPAN IKAN PELAGIS KECIL DI PERAIRAN UTARA ACEH (KURNIA, 2016)

ANALISIS BIOEKONOMI SUMBERDAYA PERIKANAN KUWE (CARANX SP) DI PERAIRAN UTARA ACEH (NAJLA ATIKAH PUTRI, 2020)

KAJIAN PENGARUH SUHU PERMUKAAN LAUT TERHADAP HASIL TANGKAPAN PUKAT CINCIN YANG BERBASIS DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA BANDA ACEH (Rahmatul Fitri, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy