//

EVALUASI TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BATU ITAM TAPAKTUAN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hasrinaldi - Personal Name
SubjectPHYSICAL FITNESS
PHYSICAL EDUCATION - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Evaluasi, Kebugaran Jasmani Penelitian yang berjudul “Evaluasi Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Batu Itam Tapaktuan Aceh Selatan”. Sekolah Dasar Negeri 2 Batu Itam Tapaktuan Aceh Selatan, tingkat kesegaran jasmani siswa selama mengikuti pembelajaran penjasorkes di sekolah terlihat dalam melakukan proses belajar mengajar siswa kelihatan lemah dan tidak bersemangat dalam proses belajar. Penurunan ini dapat tergambar dari kemalasan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, kemalasan siswa dalam melakukan senam pagi disekolah, serta pada saat di dalam ruang siswa banyak yang tidak terlihat tidak bergairah dan mengantuk di saat materi pembelajaran sedang berlangsung, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : Rendahnya tingkat kesegaran jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Batu Itam Tapaktuan Aceh Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kesegaran jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Batu Itam Tapaktuan Aceh Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian evaluasi tingkat kesegaran jasmani dengan instrument tes kesegaran jasmani siswa Sekolah dasar Negeri 2 Batu Itam Tapaktuan Aceh Selatan Tahun Pelajaran 2012/203. Rancangan Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Batu Itam Tapaktuan dengan jumlah populaasi sebanyak 62 sehingga dalam penelitian ini populasi menjadi sampel penelitian yaitu sebanyak 62 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Total Sampling. Sampel dalam pelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV sampai dengan Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Batu Itam Tapaktuan Aceh Selatan tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 62 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey dan teknik tes. Dalam penelitian ini hanya ada satu instrument yaitu pengukuran Tingkat Kebugaran Jasmani umur 10-12 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata siswa Kelas IV, V dan Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Batu Itam Tapaktuan Aceh Selatan pada keseluruhan tes TKJI adalah sebesar 11,48 dengan klasifikasi Kurang (K). Perolehan klasifikasi penilaian Kurang (K), sebanyak 12 orang siswa, klasifikasi penilaian sedang (S) serta sebanyak 9 orang siswa berada pada klasifikasi penilaian Kurang Sekali (KS). Berdasarkan angka rata-rata tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada umumnya tingkat kebugaran jasmani siswa kelas IV, V dan Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Batu Itam Tapaktuan Aceh Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013 berada pada Klasifikasi Kurang (K).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR BANDA ACEH (SYAHRIL, 2019)

IMPLEMENTASI INSTRUMEN TES KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH DI KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2019 (ERI WAHYUNI UMAR, 2021)

HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KESEGARAN JASMANI SISWA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN 2012 (Ulfa Zora, 2015)

EFEKTIFITAS INSTRUKSI LISAN DAN PENGGUNAAN PELUIT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (JAFARUDDIN, 2019)

THE APPLICATION OF COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING AND TOTAL PHYSICAL RESPONSE AT ELEMENTARY SCHOOL (Yuliza, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy