//

PERKEMBANGAN PEMUKIMAN TRANSMIGRASI DI KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH 1982-2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang nurul fitri - Personal Name
SubjectSETTLEMENT (REAL ESTATE)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Perkembangan,Pemukiman, Transmigrasi Penelitian yang berjudul “Perkembangan Pemukiman Transmigrasi di Kecamatan Jagong Jeget Kabupaten Aceh Tengah” ini mengangkat masalah tentang perkembangan pemukiman transmigrasi. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan perkembangan demografi, infrastruktur dan ekonomi pemukiman transmigrasi di Kecamatan Jagong Jeget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ialah penelitian sejarah. Sumber primer diperoleh dari arsip Kecamatan Jagong Jeget, dokumen Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh, serta informasi dari warga transmigrasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perkembangan awal demografi pemukiman transmigrasi Jagong Jeget di tandai dengan penempatan sebanyak 3.406 jiwa. Dalam perkembangannya jumlah penduduk di pemukiman transmigrasi terus bertambah, meski pada masa konflik penduduk di UPT Jagong Jeget tidak berkurang. Setelah UPT Jagong Jeget dimekarkan menjadi desa, jumlah penduduk di Jagong Jeget terus mengalami peningkatan. Perkembangan infrastruktur pemukiman transmigrasi Jagong Jeget dimulai dengan pembukaan lahan usaha dan pembuatan rumah 52 unit pada tahap awal penempatan dengam fasilitas umum yang masih minim. Pembangunan fasilitas umum mulai dilakukan secara merata setelah pemekaran pada tahun 2006. Perkembangan ekonomi transmigran di UPT Jagong Jeget pada awal penempatan hanya bergantung dari lahan usaha yang di garap, sementara saat ini tedapat 3 jenis sumber pendapatan warga selain mengusahakan lahan usaha dengan berkebun mereka juga mengambangkan peternakan dan perikanan. Komoditi unggulan hasil perkebunan di Jagong Jeget adalah Kopi dengan produksi mencapai 3.335 ton pada tahun 2012.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN PAKEM SISWA KELAS V SD NEGERI 3 JAGONG JEGET KAB. ACEH TENGAH (Denik Istiqomah, 2020)

SURVEI PREVALENSI EKTOPARASIT PADA POPULASI ANJING PEMBURU (CANIS LUPUS FAMILIARIS) DI KECAMATAN JAGONG JEGET ACEH TENGAH (ALAN KURNIYAWAN, 2020)

PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 JAGONG JEGET KAB. ACEH TENGAH (Wahyuni Maida, 2020)

PENDISTRIBUSIAN DAN PEMANFAATAN DANA BAITUL MAL DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN ATU LINTANG DAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH (NURIFFASARI, 2016)

PROSES AKULTURASI BUDAYA MELALUI PERKAWINAN CAMPURAN SUKU JAWA – GAYO DI DESA JEGET AYU KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH (Annurul Qaidar, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy