//

PEMBELAJARAN MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL STAD DENGAN STRATEGI MNEMONIK DI KELAS X SMAN 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Taflihati M - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
TRIGONOMETRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : trigonometri, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, mnemonik, hasil belajar Banyak siswa mengalami kesulitan pada materi trigonometri disebabkan banyaknya definisi, rumus, dan teorema yang perlu dipahami dan diingat. Maka peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Materi Trigonometri Melalui Model STAD dengan Strategi Mnemonik di Kelas X SMAN 2 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014”. Model STAD adalah model pembelajaran dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota 4-5 orang siswa secara heterogen. Sedangkan mnemonik adalah suatu cara untuk membantu siswa mengingat informasi dengan lebih efektif dan mudah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi trigonometri melalui model pembelajaran STAD dengan strategi mnemonik dan hasil belajar siswa tanpa strategi mnemonik serta respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran STAD dengan strategi mnemonik pada materi trigonometri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah campuran antara kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen dimana kelas X IA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IA 4 sebagai kelas kontrol dengan tingkat kemampuan kelas yang sama (homogen). Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Banda Aceh dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Banda Aceh dan sampel adalah siswa kelas X IA 2 dan X IA 4 yang dipilih secara acak yang masing-masing kelas terdiri dari 29 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes serta wawancara dengan 9 orang siswa yang mewakili kategori nilai rendah (  60), sedang (61 – 75), dan tinggi (76 – 100). Data tes dianalisis menggunakan statistik uji-t. Kemudian dari hasil analisis tes yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi trigonometri melalui model pembelajaran STAD dengan strategi mnemonik lebih baik daripada hasil belajar siswa tanpa strategi mnemonik. Sedangkan data wawancara dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui respon siswa. Dari hasil analisis wawancara diperoleh respon yang positif terhadap penerapan model STAD dengan strategi mnemonik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN STRATEGI MNEMONIK RNDI KELAS X MAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Ricki Pranata, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADRNPADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP RNPOS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Said Suhardinsyah, 2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA INSAN QUR’ANI ACEH BESAR TAHUN 2017/2018 (Risa Khairiyah, 2019)

TINGKAT BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Intan Sari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy