//

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA MATERI MENYAMPAIKAN ISI TEKS DONGENG SISWA KELAS III SD NEGERI 14 BANDA ACEHRN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA MATERI RNMENYAMPAIKAN ISI TEKS DONGENG RNSISWA KELAS III SD NEGERI 14 RNBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EVINDA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Efektivitas model Role Playing, kemampuan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini berjudul Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) pada materi menyampaikan isi teks dongeng siswa kelas III SD Negeri 14 Banda Aceh. Masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran role playing efektif diterapkan pada materi menyampaikan isi teks dongeng? Masalah yang lebih rinci dalam penelitian ini 1) apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan penerapan model Role playing? 2) bagaimanakah kemampuan guru dalam penerapan model role playing pada materi menyampaikan isi teks dongeng? 3) bagaimanakah aktivitas siswa dalam penerapan model role playing?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1)untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran role playing. 2)untuk mengetahui kemampuan guru dalam penerapan model role playing pada materi menyampaikan isi teks dongeng. 3)untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model role playing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 14 Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 orang. Dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas III SDN 14 Banda Aceh yang jumlahnya 18 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Tes di lakukan dengan membagikan soal berbentuk essai yang berjumlah 10 soal dengan bobot 5 untuk soal mudah, 10 untuk soal sedang, dan 15 untuk soal sukar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus presentase dan deskripsi nilai rata-rata terhadap kemampuan guru dan aktivitas siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran aktif, kemampuan guru mengelola pembelajaran efektif, serta tes belajar secara kalsikal tuntas dengan hasil sebesar 88,88%. Saran dalam penelitian ini adalah guru dapat menggunakan berbagai model pembelajaran untuk mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan di sekolah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATERI PERJUANGAN MENCAPAI KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 46 RNBANDA ACEH (NURUL FADHILLA, 2015)

THE USE OF ROLE PLAYING TECHNIQUE IN TEACHING SPEAKING (Rizki Yuliana, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA IPS KELAS II SMA NEGERI 1 KOTA BAKTI,PIDIE (islamiah, 2014)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA CEPAT MENGGUNAKAN TEKS CERITA DONGENG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPENERUT (Maulaniy Oktari, 2018)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIBACA (Arintha Fajrina Putri, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy