//

INTEGRASI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI DESA ALUE-BILIE KECAMATAN DARUL MAKMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang maya prantika sitorus - Personal Name
SubjectSOCIAL INTERACTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Integrasi Sosial, Masyarakat Pendatang, Masyarakat setempat. Penelitian ini tentang integrasi sosial antara masyarakat pendatang dengan masyarakat setempat di Desa Alue Bilie Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses integrasi sosial antara masyarakat pendatang dengan masyarakat setempat, (2) Faktor pendukung apa saja yang mempengaruhi proses integrasi sosial, (3) Faktor penghambat terjadinya proses integrasi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses integrasi sosial antara masyarakat pendatang dengan masyarakat setempat, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung integrasi sosial antara masyarakat pendatang dan masyarakat setempat, (3) Untuk mengetahui penghambat integrasi sosial antara masyarakat pendatang dan masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara . Informan dalam peneitian ini berjumlah (10) orang yaitu yang terdiri dari (5) masyarakat pendatang dan ( 5) dari masyarakat setempat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses integrasi sosial antara masyarakat pendatang dengan masyarakat setempat di Desa Alue Bilie Kecamatan Darul Makmur sudah berjalan dengan baik. (2) Sementara faktor pendukung terjadinya integrasi sosial yaitu kebersamaan, tidak membeda-bedakan antara masyarakat setempat dengan masyarakat pendatang, rasa senasib sepenanggungan, menyadari bahwa manusia sebagai makhluk sosial. (3) Faktor penghambat integrasi sosial antara masyarakat pendatang dengan masyarakat setempat yaitu berbeda kebudayaan, kedudukan sosial, berbeda agama, berbeda etnis, ras, bahasa, kebiasaan, sistem, nilai, norma. Simpulan proses integrasi sosial antara masyarakat pendatang dengan masyarakat setempat sudah berjalan dengan baik meskipun banyak perbedaan yang ditemukan dalam kehidupan, di dalam proses integrasi ada juga pendukung dan faktor penghambatnya yang dapat mempengaruhi berjalannya integrasi sosial. Saran dalam penelitian ini yaitu kepada masyarakat setempat janganlah berprasangka buruk terhadap masyarakat pendatang sebab mereka datang demi melanjutkan kehidupan dengan mencari nafkah, kepada aparatur desa tetap fokus mengurusi masyakaratnya agar tetap terjadi keharmonisan, sehingga tidak ada lagi yang berpendapat bahwa masyarakat pendatang lebih dikhususkan, dan kepada masyarakat pendatang tetap menghargai adanya perbedaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari, perbedaan agama, etnis dan suku sehingga tidak ada lagi sikap apatis kepada suatu kaum yang berbeda. Dengan sikap menghargai kita semua dapat hidup tentram dan damai.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENYUSUN PERATURAN DESA (STUDI KASUS DI DESA ALUE BILIE KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA) (Rizwan, 2017)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI GAMPONG MEUNASAH MANYANG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Riza Fahmi, 2016)

PROSES INTEGRASI SOSIAL DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL (STUDI PADA MASYARAKAT YANG BERDOMISILI DI KECAMATAN LANGSA KOTA, KOTA LANGSA) (DARA FATIA, 2017)

KONTROL SOSIAL DALAM PELAKSANAAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN KEPADA ANAK (SUATU PENELITIAN DI DESA LAMBATEE KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR) (Nurul Afridayani, 2018)

PENGARUH AKULTURASI MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DALAM PROSES UPACARA PERKAWINAN ADAT GAYO (STUDI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA MASYARAKAT KEMUKIMAN BEBESEN KECAMATAN BEBESEN, KABUPATEN ACEH TENGAH) (Syahri Afrizal, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy