PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI MENULIS SURAT RESMI DI KELAS VI SD NEGERI 3 TAPAKTUAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI MENULIS SURAT RESMI DI KELAS VI SD NEGERI 3 TAPAKTUAN


Pengarang

Wilda Aslita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104040011

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, tipe TPS (Think Pair Share), menulis surat resmi

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Pada Materi Menulis Surat Resmi Di Kelas VI SD Negeri 3 Tapaktuan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi menulis surat resmi di kelas VI SDN 3 Tapaktuan?”. Tujuan dari penelitian ini adalah “ untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada materi menulis surat resmi di kelas VI SDN 3 Tapaktuan”. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 3 Tapaktuan yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui tes. Tes dilakukan dengan postes. Nilai yang didapat dari tes inilah yang diambil sebagai data, kemudian data diolah dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) 21 orang siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa dan dapat diperoleh hasil sebesar 87,5% sedangkan 3 orang siswa lainnya dinyatakan tidak mencapai ketuntasan belajar atau masih kesulitan dalam belajar dapat diperoleh hasil 12,5%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Pada Materi Menulis Surat Resmi dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa, ini terlihat dari tes hasil belajar siswa yang melebihi dari nilai rata-rata yang telah ditetapkan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK