//

TINGKAT GEJALA DEPRESI PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nanda Nurul Maulana, S.Ked - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS - MEDICINE
DEPRESSION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Diabetes Melitus (DM) adalah suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia dan cenderung menjadi kronis sehingga dapat menimbulkan kerusakan jangka panjang baik mikro maupun makrovaskular, selain itu juga dapat mempengaruhi kondisi psikologis penderitanya. Reaksi psikologis negatif yang dapat muncul adalah marah, merasa tidak berguna, kecemasan yang meningkat dan depresi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkatan gejala depresi pada pasien DM yang berobat ke Poliklinik Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan desain cross sectional. sampel adalah pasien yang berobat ke Poliklinik Endokrinologi dan Departemen Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh dengan teknik purposive sampling, menggunakan Beck Depression Inventory sebagai alat ukur. Kemudian data dianalisis dengan cara univariat dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil data distribusi menunjukkan tingkat gejala depresi terbanyak adalah ringan 46%, sedang 18% dan berat 5%, sedangkan yang tidak mengalami gejala depresi 31%. Karakteristik demografi pada penelitian ini adalah berjenis kelamin perempuan 57%, pekerjaan Ibu Rumah Tangga 40%, tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas 38%, kelompok umur 51-60 tahun 34% dan bertempat tinggal dikota Banda Aceh 66%. Kesimpulan penelitian ini adalah pasien DM yang berobat ke Poliklinik Endokrinologi dan Departemen Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh mengalami tingkat gejala depresi ringan. Kata kunci : Depresi, Diabetes Melitus, Beck Depression Inventory

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

KARAKTERISTIK MANIFESTASI KLINIS DIABETES MELLITUS PADA PASIEN USIA LANJUT (Muetia Nailan Edward, 2014)

HUBUNGAN ANTARA LAMA MENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN GEJALA DEPRESI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Bunga Fahlevi, 2016)

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

TINGKAT GEJALA DEPRESI PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nanda Nurul Maulana, S.Ked, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy