MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KLUET TIMUR RNTAHUN PELAJARAN 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KLUET TIMUR RNTAHUN PELAJARAN 2012/2013


Pengarang

Mardiah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103140003

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Materi Bilangan Bulat.
Berdasarkan standar isi dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan, materi bilangan bulat diajarkan bagi siswa kelas VII SMP. Sebagaimana observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa banyak siswa yang cenderung pasif pada saat pembelajaran berlangsung karena guru lebih mendominasi di dalam kelas. Sehingga hasil belajar siswa belum memuaskan, siswa pasif dalam memahami konsep matematika. Pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk membangun konsep-konsep dan prinsip-prinsip matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat di SMP Negeri 1 Kluet Timur? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kluet Timur terhadap materi bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes pada akhir siklus, data aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berupa persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa untuk siklus I dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 80%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase siswa yang tuntas 85%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 1 Kluet Timur Tahun Pelajaran 2012/2013.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK