PERHITUNGAN WAKTU MATI PADA KORMATOGRAFI GAS METODE NON-LINIER DEGAN BAHASA PEMROGRAMAN ANSII-C | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

PERHITUNGAN WAKTU MATI PADA KORMATOGRAFI GAS METODE NON-LINIER DEGAN BAHASA PEMROGRAMAN ANSII-C


Pengarang

Zamzami - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1108001010052

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Manajemen Informatika (D3) / PDDIKTI : 57401

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penentuan waktu mati telah dikembangkan dalam berbagai metode matematis yang bertujuan untuk mendapatkan nilai tanpa harus dilakukan pengukuran langsung pada alat instrumen. Terdapat dua metode dalam penentuan waktu mati tersebut yaitu dengan metode regresi linear dan non-linear di mana kedua metode ini mampu memberikan pendekatan algoritma untuk penentuan waktu mati dari data waktu retensi dan jumlah atom karbon. Telah diperkenalkan Algoritma non-linear waetzig yang berguna untuk menentukan waktu mati dengan perhitungan melalui perkalian matriks transpose, matriks invers dan matriks ?t yang mendefinisikan waktu mati (to) dan matriks ?x sebagai parameter regresinya. Algoritma ini selanjutnya dikonversi kedalam bahasa pemrograman ANSII C untuk mendapatkan software perhitungan cepat dan simultan terhadap parameter retensi yang disertai dengan modifikasi dua persamaan pada estimasi nilai ? dan nilai mutlak ?x. Hasil perhitungan memberikan variasi hasil dimana sebagian proses estimasi memberi nilai to kecil dan sebagiannya lagi memberikan nilai error. Pembuktian kedalam sistem kalkulasi data mengarahkan kepada parameter algoritma perkalian matriks yang panjang dalam proses iterasi yang banyak sebagai penyebab nilai error. Perolehan nilai to kecil dan dekat dengan nilai metode pembandingnya dijadikan tolak ukur keberhasilan estimasi metode regresi non-linear terhadap waktu mati. Dua faktor penyebab error beberapa proses estimasi menjadi laporan yang ilmiah untuk mendapatkan alasan penelusuran kembali terhadap metode ini dan pertimbangan modifikasi tambahan sampai diperolehnya nilai yang akurat.

Kata Kunci : waktu mati, metode regresi non-linear waetzig, algoritma, jumlah iterasi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK