PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI MATERI LAJU REAKSI PADA SISWA SMAN 10 FAJAR HARAPAN DAN BIMBEL ALUMNI ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI MATERI LAJU REAKSI PADA SISWA SMAN 10 FAJAR HARAPAN DAN BIMBEL ALUMNI ACEH


Pengarang

Tikarahayu Putri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103040081

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Pengembangan, LKS, inkuiri, laju reaksi.
Penelitian pengembangan LKS berbasis inkuiri materi laju reaksi pada siswa SMAN 10 Fajar Harapan dan Bimbel Alumni Aceh bertujuan untuk mengetahui persentase kelayakan dari LKS berbasis inkuiri yang telah dikembangkan berdasarkan hasil validasi Dosen FKIP kimia, membentuk keterampilan ilmiah siswa, serta mengetahui tanggapan siswa dan guru. Rancangan penelitian menggunakan metode R & D (Research and Development) model 4D. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Pada tahap pendefinisian peneliti mengobservasi awal di dua sekolah Kota Banda Aceh, didapatkan bahwa dua sekolah tersebut telah menerapkan kurikulum 2013 dan melakukan pembelajaran mandiri didalam kelas. Tahap perancangan dilakukan penyusunan kerangka awal LKS berbasis inkuiri dan menghasilkan draft 1. Tahap pengembangan dilakukan revisi pada draft 1 dan menghasilkan draft 2 sebagai produk. Hasil produk divalidasi oleh validator ahli, selanjutnya produk di uji coba pada siswa sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu test uji coba LKS dan angket. Berdasarkan hasil validasi oleh validator ahli diperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 92,18%. Tanggapan siswa SMA Negeri 10 Fajar Harapa memperoleh hasil persentase sebesar 86,53% dan siswa Bimbel Alumni Aceh memperoleh hasil presentase sebesar 92,92%. Tanggapan guru SMA Negeri 10 Fajar Harapan memperoleh hasil presentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil penilaian LKS yang dikerjakan siswa, LKS berbasis inkuiri dapat membetuk keterampilan ilmiah dan efektif digunakan saat proses belajar berlangsung di dalam kelas.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK