//

TAJAM PENGLIHATAN PENDERITA KATARAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JANUARI SAMPAI DESEMBER 2010

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erni Fitria - Personal Name
SubjectCATARACTS - OPHTHALMOLOGY
PATIENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Katarak adalah setiap kekeruhan yang terdapat pada lensa mata. Katarak merupakan penyebab kebutaan dan gangguan penglihatan yang paling utama di seluruh dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi tajam penglihatan penderita katarak di Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh dalam periode Januari sampai Desember tahun 2010. Rancangan yang digunakan adalah deskriptif dimana subjek dalam penelitian ini terdiri dari 502 penderita katarak yang terdiri dari 272 penderita perempuan dan 230 penderita laki-laki. Pengambilan sampel menggunakan teknik total populasi. Data sekunder didapat dari hasil pengamatan pada rekam medis pasien dan analisis data secara univariat dengan melihat proporsi dari masing-masing variabel. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa paling banyak penderita katarak di Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin menderita katarak senilis (96.0%) dengan distribusi tajam penglihatan dari keseluruhan penderita yaitu, 28.5% memiliki tajam penglihatan baik, 39.6% memiliki tajam penglihatan sedang, dan 31.9% memiliki tajam penglihatan buruk. Selain itu, 132 (26.3%) penderita katarak memiliki penyakit mata penyerta dimana paling banyak penderita memiliki kelainan refraksi, yaitu sebanyak 45 penderita (32.1%).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGUKURAN POWER INTRAOCULAR LENS (IOL) DENGAN MENGGUNAKAN BIOMETRI DITINJAU DARI TAJAM PENGLIHATAN PASIEN PASCA OPERASI KATARAK DI POLIKLINIK MATA BLUD RSUDZA BANDA ACEH (Widya Ningsih Harahap, 2015)

PERBANDINGAN TAJAM PENGLIHATAN PASCA OPERASI KATARAK SENILIS DENGAN TEKNIK PHACOEMULSIFICATION DAN SMALL INCISION CATARACT SURGERY DI BLUD RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Asri Mukti Nanta , 2016)

GAMBARAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PASCA BEDAH KATARAK SENILIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2012 (Bengi Muthmainnah, 2015)

HUBUNGAN TAJAM PENGLIHATAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SEBELUM DAN SESUDAH OPERASI KATARAK SENILIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Tria Mairizka, 2017)

SEPULUH PENYAKIT MATA TERBANYAK DI POLIKLINIK MATA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2010 (SYARIFAH MAISYURA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy