//

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN GEJALA DEPRESI PADA PASIEN DEWASA DI PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Musyawarah - Personal Name
SubjectDEPRESSION - MEDICINE
OBESITY - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Obesitas merupakan keadaan kelebihan berat tubuh yang menyebabkan risiko masalah kesehatan. Depresi merupakan salah satu komplikasi obesitas yang terjadi melalui mekanisme endogen dan eksogen. Adapun pola usia obesitas di Indonesia dimulai dari usia 30 tahun dan menurun setelah usia 60 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan obesitas dengan gejala depresi pada pasien usia 30 samapai 50 tahun di Puskemas Ulee Kareng Banda Aceh. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan metode non probability sampling. Hasil penelitian diambil dari pengukuran obesitas menggunakan indeks massa tubuh dan gejala depresi menggunakan kuesioner Beck Depression II. Data dianalisis menggunakan metode analisis univariat dan bivariat dengan uji Fisher’s Exact Test. Didapat hubungan antara obesitas dengan gejala depresi pada pasien usia 30 sampai 50 tahun di Pukesmas Ulee kareng, Banda Aceh (p = 0,024, p < 0,05). Kata Kunci: Obesitas, Depresi, Usia Dewasa

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN GEJALA DEPRESI PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MAULIZAHAYANI, 2016)

HUBUNGAN ANTARA LAMA MENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN GEJALA DEPRESI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Bunga Fahlevi, 2016)

HUBUNGAN USIA TERHADAP PENINGKATAN GEJALA DEPRESI PADA PASIEN PASCA-STROKE ISKEMIK DI RUMAH SAKIT UMUM DOKTER ZAINOEL ABIDIN (FITRY QURRATAINI, 2017)

GAMBARAN GEJALA-GEJALA DEPRESI PADA PASIEN YANG SEDANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI INSTALASI DIALISIS RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Yokha Pratama edo, 2014)

PERBEDAAN TINGKAT GEJALA DEPRESI PADA PASIEN SINDROMA KORONER AKUT (SKA) PASCA RAWATAN DAN PASIEN HIPERTENSI (HT) (Adetya Warman, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy