PENGARUH METODE BRAIN GYM (SENAM OTAK) TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUL IMARAH TAHUN AJARAN 2022/2023 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH METODE BRAIN GYM (SENAM OTAK) TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUL IMARAH TAHUN AJARAN 2022/2023


Pengarang

RENI AGUSTINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mansur - 196911261994031001 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104020027

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) / PDDIKTI : 85201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Reni Agustina (2022). Pengaruh Metode Brain Gym (Senam Otak) Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Imarah Tahun Ajaran 2022/2023.

Senam Otak adalah serangkaian latihan gerak sederhana untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan tuntunan sehari-hari yang bertujuan untuk menyatukan pikiran dan tubuh. Konsentrasi adalah pemusatan perhatian pikiran terhadap suatu hal dengan mengesampingkan semua hal lainnya yang tidak berhubungan. Banyak faktor yang menyebabkan ketidakmampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang diberikan guru, salah satunya proses pembelajaran yang tidak menarik dan membosankan, sehingga banyak siswa yang tidak fokus atau tidak berkonsentrasi pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap konsentrasi belajar pjok di SMP Negeri 1 Darul Imarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode penelitian eksperimen, Untuk memperoleh data peneliti menerapkan bentuk kuantitatif pre-experimental teaching dengan model one group pretest and post test design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Imarah Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 221 Siswa, dan sampelnya adalah 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 22 siswa yang ditentukan oleh metode random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes konsentrasi (Grid Concentration Exercise) dan treatment/pelaksanaan senam otak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan nilai rata-rata, standar deviasi dan uji beda dua rata-rata (t-tes). Data yang didapat sebelum melakukan treatment senam otak ialah 6,18 kemudian setelah diberikan perlakuan treatment senam otak selama 6 minggu menjadi 12,22 atau meningkat sebesar 6,04. Data yang diperoleh, dianalisis dengan teknik uji-t pada taraf signifikan 95% atau ρ= 0,05 dengan df = (n-2) = 22-2 = 20. Dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel atau 10,41 > 1,724. Pengujian uji t tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Brain Gym (Senam Otak) terhadap Konsentrasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Imarah Tahun Ajaran 2022/2023. Dengan demikian dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima.


Kata Kunci: Senam Otak, Konsentrasi

Reni Agustina (2022). The Effect of the Brain Gym Method on Student Learning Concentration in Class VIII PJOK Subjects of SMP Negeri 1 Darul Imarah Academic Year 2022/2023. Brain Gym is a series of simple motion exercises to facilitate learning activities and adjustments to daily demands that aim to unite the mind and body. Concentration is the focusing of the mind's attention on one thing to the exclusion of all other unrelated things. Many factors cause the inability of students to absorb the lessons given by the teacher, one of which is the learning process which is not interesting and boring, so that many students are not focused or do not concentrate during the learning process. This study aims to determine the effect of brain gymnastics on corner learning concentration at SMP Negeri 1 Darul Imarah. This study uses a quantitative research approach and experimental research methods. To obtain data, the researcher applies a quantitative form of pre-experimental teaching with the one group pretest and post test design model. The population in this study were all Class VIII students of SMP Negeri 1 Darul Imarah for the 2022/2023 Academic Year, totaling 221 students, and the sample was 10% of the population, namely 22 students determined by the random sampling method. The data collection technique used was a concentration test (Grid Concentration Exercise) and the treatment/implementation of brain exercises. The data obtained were then analyzed using the calculation of the average value, the standard deviation and the two-mean difference test (t-test). The data obtained before carrying out the brain exercise treatment was 6.18 then after being given the brain exercise treatment for 6 weeks it became 12.22 or an increase of 6.04. The data obtained were analyzed using the t-test technique at a significant level of 95% or ρ = 0.05 with df = (n-2) = 22-2 = 20. From the results of data analysis, tcount > ttable or 10.41 > 1.724 . The t-test test shows that there is a significant influence between the Brain Gym method on the learning concentration of class VIII students of SMP Negeri 1 Darul Imarah for the 2022/2023 Academic Year. Thus it can be said that H0 is rejected and Ha is accepted. Keywords: Brain Gym, Concentration

Citation



    SERVICES DESK