Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KOMPETENSI GURU EKONOMI PADA SMA NEGERI 1 DI KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES
Pengarang
Fitri Annisa - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Zulfadhli - 197405181999031003 - Dosen Pembimbing I
A. Razak - 197112202002121001 - Dosen Pembimbing II
Zakaria - 195912311986031029 - Dosen Pembimbing III
Irsyadillah - 198106092006041006 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1706101030059
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Ekonomi., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.12
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KOMPETENSI GURU EKONOMI PADA SMA NEGERI 1 DI KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES
Oleh
Fitri Annisa1, Zulfadhli2, A. Razak3
1Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Syiah Kuala
2Dosen Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Syiah Kuala
Abstrak
Kompetensi guru merupakan kemampuan seorang guru untuk melakukan tugas dan kewajibannya dengan layak dan bertanggung jawab. Pada undang-undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat 1 disebutkan bahwa Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Fokus penelitian ini adalah pada menganalisis bagaimana terkait kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru ekonomi dalam profesionalitas kerjanya di SMA Negeri 1 Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden penelitian yaitu 3 orang guru bidang studi ekonomi di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kompetensi sosial guru ekonomi pada SMA Negeri 1 Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues telah dilakukan sesuai dengan ketentuan dan prosedural yang berlaku, bersosialisasi dengan peserta didik, menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua/wali peserta didik dan membangun hubungan yang harmonis sesama tenaga pendidik di lingkungan sekolah. Selain itu dari segi kompetensi kepribadian pendidik (guru ekonomi) juga secara aktif mengawasi dan membimbing peserta didik terkait kebijaksanaan dalam menggunakan teknologi sebagai upaya preventif masuknya pengaruh-pengaruh negatif sehingga dapat merusak kepribadian peserta didik, Guru ekonomi SMA Negeri 1 Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues memiliki gaya berpikir terbuka dalam meningkatkan profesionalitas kerja sesama tenaga pendidik di sekolah maupun dalam optimalisasi proses belajar mengajar serta turut terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekitar sekolah dengan tujuan dapat membangun hubungan interaksional kultural yang baik dengan masyarakat setempat.
Kata Kunci : Kompetensi Guru, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian
COMPETENCE OF ECONOMICS TEACHER AT SMA NEGERI 1 IN KUTAPANJANG, GAYO LUES DISTRICT By Fitri Annisa1, Zulfadhli2, A. Razak3 1Student of Economics Education, FKIP of Syiah Kuala University 2 Lecturer in Economics Education, FKIP of Syiah Kuala University Abstract Teacher competence is the ability of a teacher to carry out his duties and obligations properly and responsibly. In law Number 14 of 2005, concerning Teachers and Lecturers, in article 10 paragraph 1 it is stated that teacher competence as referred to in Article 8 includes pedagogical competence, personal competence, social competence, and professional competence obtained through professional education. The focus of this research is to analyze how social competence and personal competence of economics teachers are related to their work professionalism at SMA Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues Regency, Aceh Province. This research approach is qualitative with descriptive research type. The research respondents were 3 teachers in the field of economics at the school. Data collection techniques with observation, interviews and documentation. The results showed that the implementation of the social competence of the economics teacher at SMA Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues Regency had been carried out in accordance with the applicable provisions and procedures, socializing with students, establishing good communication with parents/guardians of students and building harmonious relationships among fellow students. educators in the school environment. Apart from that, in terms of personality competence, educators (economics teachers) also actively supervise and guide students regarding the wisdom in using technology as a preventive measure for negative influences to enter students so that they can damage the personality of students. Economics teacher at SMA Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues Regency has an open-minded style in increasing the professionalism of the work of fellow educators in schools as well as in optimizing the teaching and learning process and being involved in social activities in the environment around the school with the aim of being able to build good cultural interactional relations with the local community. Keywords: Teacher Competence, Social Competence, Personality Competence
INVENTARISASI SPESIES IKAN DI KAWASAN SUNGAI PELONGOMAN KECAMATAN KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES (ZULAIKA, 2022)
PERGESERAN NILAI BUDAYA DALAM PENGGUNAAN PAKAIAN PENGANTIN DI KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Arma Ariga, 2014)
PENGGUNAAN METODE GIVE THE MONEY DALAM PEMBELAJARAN MENYAJIKAN GAGASAN KE DALAM BENTUK TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUTAPANJANG, GAYO LUES (ASRIYUNA, 2019)
ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHATANI NENAS (ANANAS COMOSUS) DI KECAMATAN KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Radiyansyah Putra, 2020)
KONTRIBUSI PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES (Masitah, 2021)