PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Pengarang

BILKISTI RESA S. - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103040055

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : lembar kerja siswa, kontekstual, laju reaksi
Telah dilakukan penelitian tentang Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja
Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA Negeri 4
Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan bahan ajar lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi laju
reaksi yang layak dan dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar. Sampel
penelitian ini yaitu 4 orang guru kimia dan 20 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 4
Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan
(Research and Development/R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4-D
(four D model) melalui 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define); tahap perancangan
(design); dan tahap pengembangan (develop). Lembar kerja siswa berbasis
kontekstual dikembangkan dengan cara mengaitkan materi laju reaksi dengan
kehidupan sehari-hari, contoh-contoh gambar dalam LKS merupakan fenomena yang
terjadi dalam kehidupan nyata, kegiatan dalam LKS juga menggunakan bahan yang
mudah dijumpai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa berbasis
kontekstual dapat digunakan sebagai bahan ajar di kelas. Menurut tanggapan guru
dan siswa terhadap LKS berbasis kontekstual yang dikembangkan, dapat
mempermudah guru mengajarkan materi laju reaksi dan mempermudah siswa
memahami materi yang dipelajari. Persentase tanggapan positif guru dan siswa
masing-masing sebesar 95% dan 96,25%. Hal ini menunjukkan lembar kerja siswa
berbasis kontekstual pada materi laju reaksi ini dapat digunakan dalam pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK