//

PENGGUNAAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI SEULIMEUM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang putri balkis - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci : PAKEM, hasil belajar, sumber daya alam. Penelitian ini berjudul “Penggunaan PAKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas IV SD Negeri Seulimeum Aceh Besar”. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penggunaan PAKEM pada materi sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Seulimeum Acen Besar dan bagaimanakah aktivitas siswa dan guru dengan penggunaan PAKEM pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri Seulimeum Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan PAKEM pada materi sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Seulimeum Aceh Besar dan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dengan penggunaan PAKEM pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri Seulimeum Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis pelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Seulimeum Aceh Besar. Subjek penelitian berjumlah 36 orang yang terdiri dari 20 laki-laki dan l6 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Berikut ini adalah hasil penelitian di mana hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 33,33% dengan rata-rata 60, hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 41,67% dengan rata-rata 62,5, dan hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus III sebesar 69,44% dengan rata-rata 65,83. Aktivitas siswa siklus I sebesar 2,71, siklus II sebesar 3,28, dan siklus III sebesar 3,50. Aktivitas guru siklus I sebesar 3,00, siklus II sebesar 3,33, dan siklus III sebesar 4,00. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri Seulimeum Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN PENDEKATAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI VITAMIN C DI SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Darlina, A.Ma, 2021)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH. (Ahmad Fauzi, 2013)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SUMBER DAYA ALAMTERHADAP HASIL BELAJARSISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 PAGAR AIR ACEH BESAR (Devi susanti, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH (Novia Faradilla, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy