//

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERHITUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Rahmadani - Personal Name
SubjectEXAMINATIONS (EDUCATIONAL TESTS)
STUDY SKILLS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Kemampuan Berhitung, Soal Cerita, Penelitian ini yang berjudul “hubungan antara kemampuan berhitung terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita fisika siswa kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah ada hubungan antara kemampuan berhitung siswa kelas X SMAN 5 Banda Aceh terhadap menyelesaikan soal cerita fisika. Kemampuan berhitung diduga turut mempengaruhi hasil belajar yaitu pada kemampuan menyelesaikan soal cerita fisika. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan berhitung (X) dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita fisika (Y). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berhitung yang berupa soal pilihan ganda dan kemampuan menyelesaikan soal cerita fisika yang berupa uraian. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IA-4 SMA Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 27 orang siswa. Pengolahan data menggunakan teknik korelasi product moment yaitu korelasi antara dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi kemampuan berhitung dan kemampuan menyelesaikan soal cerita fisika adalah rxy = 0,553 dan diperoleh thitung 3,32 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 adalah sebesar 2,06. Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berhitung dengan kemampuan menyelesaikan soal ceriat fisika pada materi besaran dan pengukuran. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan kemampuan berhitung terhadap menyelesaikan soal cerita fisika dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat terungkap hal-hal yang belum terungkap melalui peneliti ini.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN SOAL BUKAN CERITA MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUNARON (Khairunnisah, 2021)

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI FPB DAN KPK DI KELAS V SDN 50 BANDA ACEH (Nanda Fattia, 2014)

ANALISIS KEMAMPUAN DASAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (SUCI RAHMI ANANDA, 2015)

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Muhibbul Khairi, 2015)

PERBEDAAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA SISWA KELAS UNGGUL DAN KELAS REGULERRNDI MAN MODEL BANDA ACEHRN(SUATU TINJAUAN PADA SISWA KELAS XII IPA MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014) (Rizki Hananan Sari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy