//

TINGKAT KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 50RN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hayatun Nufus - Personal Name
SubjectTEACHERS
DISCIPLINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Pembinaan Kedisiplinan Belajar Siswa Penelitian ini berjudul “Tingkat Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas sebagai Bentuk Pembinaan Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SD Negeri 50 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan guru dalam pengelolaan kelas sebagai bentuk pembinaan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan kelas sebagai bentuk pembinaan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 20 orang guru mata pelajaran IPS di SD Negeri 50 Banda Aceh. Tehnik pengumpulan data adalah melalui observasi dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada umumnya guru menciptakan suasana emosional dan hubungan sosial yang positif di kelas. Serta menggunakan pendekatan perubahan tingkah laku dalam pengelolaan kelas. Seluruh guru menanamkan sikap disiplin dalam diri siswa. Guru membangkitkan partisipasi belajar siswa dengan membuat pertanyaan kemudian dilemparkan kepada siswa untuk ditanggapi, guru memberikan tugas yang menantang kepada siswa agar siswa lebih bergairah dalam belajar. Pada umumnya guru menggunakan media yang bervariasi dalam pengelolaan kelas. Pada umumnya guru memberikan pujian dalam merespon prestasi belajar siswa dan menciptakan persaingan antara siswa agar siswa lebih disiplin dalam belajar. Lebih dari setengah guru memberikan teguran, menasehati serta memberi sanksi apabila ada siswa yang sering tidak masuk pelajaran, tidak mengerjakan tugas dan berbuat keributan di kelas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI 5 BANDA ACEH (Nina Andriani, 2018)

HUBUNGAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH (desy wahyuni, 2016)

PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI PIYEUNG ACEH BESAR (Farah Dhiba, 2019)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA (zulfadli, 2014)

PENGARUH KEBIASAAN MENGAJAR GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI.IPA SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (maharani sari palga, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy