//

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYUKRIAH - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
AUDIO VISUAL EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sistem Peredaran Darah Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa SMP di SMP Negeri 1 Tanah Luas Aceh Utara mulai bulan Maret sampai bulan April 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi sistem peredaran darah terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa serta tanggapan siswa terhadap penggunaan media animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen “Pretest-posttes Control group Design”. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan instrumen soal objektif bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain pemahaman konsep kelas eksperimen (77,14) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata N-Gain siswa kelas kontrol (65,71). Rata-rata N-Gain berpikir kritis siswa kelas eksperimen (76,99) lebih tinggi dibandingkan rata-rata N-Gain (68,42) siswa kelas kontrol. Hasil uji t diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol dengan thitung = 3,83 dan ttabel = 1,645 serta terdapat perbedaan yang signifikan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol dengan thitung = 2,778 dan ttabel = 1,645. Penggunaan media animasi mendapat tanggapan positif oleh siswa kelas eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media animasi memberi hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Media Animasi, Pemahaman konsep, Berpikir kritis, Sistem peredaran darah manusia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (Dewi Erianti, 2017)

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Devi Susandi, 2018)

PEMANFAATAN MEDIA VIDEO SISTEM GERAK DENGAN PENDEKATAN SOMATIK AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SAKTI (RIZKINA MANIK, 2015)

RESPON GURU TERHADAP PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA (Nuzulul Rahmah, 2020)

PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGARANG CERPEN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL ACEH (JULIYANTI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy