//

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONGKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI DI KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TRIWANI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Media kongkrit, hasil belajar, energi panas dan bunyi. Penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media kongkrit Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas dan Bunyi Di Kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh” Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh positif penggunaan media kongkrit terhadap hasil belajar siswa pada materi Energi Panas dan Bunyi di kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi Energi Panas dan Bunyi di kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh, karena populasi kurang dari 100 maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah 47 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas IV A dengan jumlah 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B dengan jumlah siswa 23 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik tes yaitu tes awal dan tes akhir. Pengolahan data menggunakan statistika Uji t berdasarkan hasil pengolahan data taraf signifikasi 5% (α = 0,05) dan dk 44, diperoleh harga t hitung = 7,39 dan t tabel = 2,02. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan media kongkrit lebih baik dari pada tidak menggunakan media kongkrit pada materi Energi Panas dan Bunyi di kelas IV SD Negeri 12 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI DI KELAS IV SDN 5 BANDA ACEH (siti murah, 2013)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 12 BANDA ACEH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 12 BANDA ACEH SISWA KELAS IV SDN 12 BANDA ACEH (Nabitah, 2014)

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI LAMBUNOT JAYA ACEH BESAR (Susilawati, 2013)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI BUNYI DENGAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SD NEGERI 2 LAMBHEU KABUPATEN ACEH BESAR (siti maisarah, 2013)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy